MusyawarahPemkab Sukabumi Bahas Pembangunan dengan Program yang Bersinergi

FOTO : DASEP/RADARSUKABUMI MUSREMBANG: Camat Sukabumi, Nurkomarudin didampingi Muspika Kecamatan Sukabumi memimpin Musrembang Kecamatan di Aula Kantor Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, jumat (5/2).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemerintah Kecamatan/Kabupaten Sukabumi melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) 2016. Kegiatan tersebut untuk menyusun Rencana Kegiatan Perangkat Daerah (RKPD) yang sinergis di wilayah Kecamatan Sukabumi. Lantaran, senergisitas perealisasian program baik yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat maupun dari pemerintah pusat perlu terealisasi dengan baik.

Agar tidak terjadinya tumpang tindih perealisasian program antara kecamatan dan desa.

“Musrembang yang dilaksanakan bersama dengan unsur muspika serta aparatur desa yang berada di Kecamatan Sukabumi ini untuk menyusun RKPD 2016,” papar Panitia Pelaksana Musrembang yang juga Sekretaris Kecamatan Sukabumi, Dadan Iriana kepada Radar Sukabumi, jumatĀ (5/2).

Sebagai upaya untuk mensinergikan semua program yang akan dilaksanakan pada 2016, maka perlu dilaksanakan musrembang dan melibatkan semua pihak. Terutama, pihak muspika, unsur UPTD serta unsur dari pemerintah desa yang berada di bawah naungan Kecamatan Sukabumi.


“Sinergisitas perealisasian program perlu dilakukan di wilayah Kecamatan Sukabumi. Agar, tidak terjadinya ketimpangan antar program yang dimiliki setiap instansi yang berada di Kecamatan Sukabumi,” terangnya.

Di samping itu, lanjut Dadan, perlu adanya komitmen yang terjalin antar semua pihak termasuk pihak-pihak pemangku kebijakan di Kecamatan Sukabumi.

Lantaran, pada 2016 kita akan fokus pada bidang pelayanan, peningkatan infrastruktur serta kesehatan. Pasalnya, untuk merealisasikan semua itu perlu ditetapkan secara bersama serta bersatu padu untuk mencapai pembangunan yang lebih baik.

“Semua bidang yang disusun dalam musrembang akan menjadi RKPD yang ditetapkan secara bersama-sama yang didasari komitmen untuk membangaun Kecamatan Sukabumi untuk lebih baik,” ujarnya.

Untuk kesuksesan pembangunan di Kecamatan Sukabumi tahun 2016, tambah Dadan, perlu kerja keras dari semua pihak. Mengingat, pencapaian pembangunan infrastruktur terutama kantor desa sudah terealisasi sekitar 90 persen, jalan lingkungan 70 persen, jalan kabupaten sekitar 70 persen serta capaian pembangunan irigasi mencapai sekitar 60 persen pada 2015. Kendati demikian, ke depan capaian semua itu perlu ditingkatkan.

“Pencapaian pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sukabumi ke depan harus semakin ditingkatkan. Agar semua sarana dan prasarana untuk masyarakat umum dapat tersedia,” paparnya.

Sementara itu, Camat Sukabumi, Nur Komarudin mengatakan, Musrembang Kecamatan Sukabumi tahun 2016 sebagai salah satu mekanisme untuk menyusun RKPD.

Lantaran, semua itu perlu dilaksanakan sebagai acuan perealisasian program di Kecamatan Sukabumi selama durasi satu tahun. Akan tetapi, semuanya harus dilaksanakan secara sinergis dan terkonsolidasi dengan baik agar tidak ada ketimpangan.

“Penyusunan program selama satu tahun dilaksanakan pada musrembang yang dilaksanakan sekarang ini. Untuk, dijadikan acuan dalam perealisasian program tahun 2016,” ujarnya.

Dirinya berharap, semua program yang disusun pada Musrembang Kecamatan Sukabumi tahun 2016 dapat direalisasikan dengan baik. Serta, dapat mewakili semua aspirasi masyarakat dalam berbagai bidang. Khususnya, bidang pembangunan infrastruktur, pelayanan pemerintahan serta kesehatan dan pendidikan untuk masyarakat di Kecamatan Sukabumi.

“Mudah-mudahan semua aspirasi masyarakat di Kecamatan Sukabumi yang masuk dalam hasil keputusan musrembang dapat direalisasikan untuk Kabupaten Sukabumi lebih baik,” harapnya.

(cr5/d)