Pemkab Sukabumi Ajukan Kuota LPG 60.337 Ribu pada Tahun Ini

FOTO : DASEP/RADARSUKABUMI Kepala Bidang Energi DPESDM Kabupaten Sukabumi, Pepep Muhammad Abduh

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi pada tahun ini melalui Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, mengajukan kuota LPG 3 kilogram kepada Dirjen Migas sebanyak 60.337 ribu metrik ton (MT). Pengajuan ini lebih besar dibandingkan dengan 2015 yang hanya mencapai 57.464 ribu MT.

Hal ini berdasarkan dari jumlah penduduk dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Sukabumi yang terus mengalami peningkatan. Serta, adanya penambahan sasaran yaitu para nelayan berkapal kecil di Kabupaten Sukabumi yang juga memengaruhi kebutuhan kuota pada 2016.

“Memang benar tahun ini, kami mengajukan kebutuhan kuota LPG 3 kilogram kepada Dirjen Migas sebanyak 60.337 ribu MT,” jelas Kepala Bidang Energi DPESDM Kabupaten Sukabumi, Pepep Muhammad Abduh kepada Radar Sukabumi, kamis (4/2).

Untuk saat ini, lanjut Pepep, pihaknya baru sebatas mengajukan kuota kebutuhan LPG. Terkait direalisasikannya atau tidak, itu tergantung dari Dirjen Migas yang memiliki kewenangan. Akan tetapi, kajian kebutuhan kuota LPG untuk Kabupaten Sukabumi bisa saja mengalami perbedaan.


Hasil kajian dari Dirjen Migas untuk kebutuhan Kabupaten Sukabumi 2016, sebanyak 57.900 ribu MT. Sedangkan, hasil dari kajian Pemkab Sukabumi, mencapai 60.336 ribu MT.

“Dari jumlah kuota yang didapatkan oleh Provinsi Jawa Barat pada 2016 sebanyak 1,2 juta MT, akan didistribusikan kepada setiap daerah. Kami hanya meminta sebanyak 60.336 ribu MT saja,” tuturnya.