Kades Pamuruyan Sukabumi Akhirnya Kembalikan Uang Desa

DIBAGIKAN : Kades Pamuruyan akhirnya mengembalikan uang kepada para RW. foto:rendi/radarsukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI РSetelah dipersoalkan oleh Tim 11 terkait masalah keuangan desa sebesar Rp 58 juta, Kepala Desa (Kades) Pamuruyan Kecamatan Cibadak, Eka Saputra akhirnya mengembalikan uang tersebut dengan langsung menyalurkannya kepada para RW, kamis (4/2). Kini, kades berharap persoalan itu tidak dipersoalkan kembali oleh siapapun.

“Alhamdulillah uang yang kemarin dipersoalkan itu, sudah saya kembalikan. Tadi dalam realisasinya, langsung disaksikan oleh Pak Camat dan juga jajaran muspika lainnya,” ujar Eka Saputra kepada Radar Sukabumi.

Dikatakan Eka, uang Rp 58 juta kemarin pada prinsipnya tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Melainkan, untuk pembangunan yang alokasi anggarannya sangat minim. Namun demikian, Eka menyadari bahwa kebijakannya itu tidak sesuai dengan regulasi yang ada.

“Saya menyadari, niat baik belum tentu diterima dengan baik begitupun dalam persoalan ini. Tapi saya selaku penanggung jawab di desa, uang tersebut sudah saya kembalikan dan diserahkan langsung,” imbuhnya.


Terkait dengan desakan mundur yang disampaikan Tim 11, Eka mengaku tidak akan mati-matian mempertahankan jabatan dan legowo mundur dari jabatan. Namun, sebelum pada pemunduran, tentunya harus ada prosedur yang harus ditempuh. Karena, baik perda maupun undang-undang telah mengatur tata cara pemberhentian seorang kades.

“Bagi saya, jabatan itu amanah yang sewaktu-waktu bisa hilang. Tidak harus menunggu besok atau lusa, sekarang pun saya siap mundur asal sesuai dengan UU dan perda. Karena regulasi itu telah mengatur tata cara pemberhentian seorang kepala desa,” jelasnya.