Terdampar, Tongkang Batu Bara PLTU Jadi Tontonan

foto : usman/radarsukabumi
NONTON: Sejumlah warga berdatangan menonton kapal tongkang yang terdampar di pesisir Pantai Cipatuguran, minggu (20/12).

foto : usman/radarsukabumi NONTON: Sejumlah warga berdatangan menonton kapal tongkang yang terdampar di pesisir Pantai Cipatuguran, minggu (20/12).


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kapal tongkang yang biasa mengangkut batu bara untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhanratu terdampar di Pantai Cipatuguran, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kemarin (20/12).

Kapal yang biasanya ada di 10 kilometer dari pantai tersebut menjadi tontonan banyak warga yang melintas.

“Saya selama ini tak pernah melihat dari kedekatan, jadi sekarang penasaran,” ujar Ace (47) kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya, kapal yang membawa bobot ratusan ton batu bara tersebut biasanya hanya terlihat seperti perahu kecil karena tak pernah terlihat dari jarak dekat. “Mampang-mungpung, kita jadi tahu batu bara dan kapal sebesar ini kalau di pinggir kayak gimana, karena kita tak pernah tahu,” ujarnya sambil tersenyum.
Sementara itu, menurut saksi, Ojab (54), kapal yang biasanya ditarik menggunakan kapal kecil tersebut diperkirakan tak kuat menahan ombak besar yang sudah tiga hari melanda pesisir Pantai Palabuhanratu.

“Akhir-akhir ini angin dan ombak sedang besar, kayaknya tongkang tersebut tak kuat menahan ombak yang besar. Apalagi biasanya tongkang tersebut hanya ditarik oleh kapal bermesin kecil,” terangnya.

Menurutnya, sekitar pukul 14.00 WIB Palabuhanratu yang diterpa angin kencang dan gelombang ombak sangat besar di pesisir pantai menjadi salah satu penyebabnya. Lantaran, tongkang tersebut terdampar seputar pukul 15.00 WIB tadi pas sedang kencang-kencangnya angin,” akunya.

Untuk menjadi tontonan, menurutnya sangat wajar lantaran kejadian tersebut merupakan kejadian langka bagi masyarakat awam. “Kejadian ini sangat jarang. Yang saya tahu sih baru kali ini tongkang terdampar,” akunya.

Namun begitu, sejak warga berdatangan menonton tongkang, serta berita ini diterbitkan belun ada pihak perusahaan yang bisa memberikan keterangan.

Sebelumnya, Januari 2015 lalu, kapal tongkang serupa juga terdampar di lokasi yang tak jauh dari kejadian terdamparnya tongkang kemarin. Saat itu, warga juga penasaran berkerumun menyaksikan keberadaan kapal besar pengangkut batu bara terhempas ombak besar.(cr3/t)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds