Rp 19 Miliar Dialokasikan Sambut Kabupaten Sukabumi Utara

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara (KSU) hingga kini masih dalam proses pembahasan di Gedung DPR RI. Kendati belum definitif, namun sejumlah anggaran telah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprop) Jawa Barat (Jabar). Sedikitnya, akumulasi anggaran untuk menyambut KSU itu, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 19 miliar.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, selain anggaran, lahan untuk pembangunan perkantoran pun telah disiapkan. Sedikitnya, untuk pengembangan wilayah KSU itu, pemda telah menyiapkan lahan seluas 100 hektare, dan pusat pemerintahan akan difokuskan di wilayah Kecamatan Cibadak.

“Hibah yang sudah disiapkan dari Pemkab Sukabumi untuk penyelenggaraan pemerintah sebesar Rp 5 miliar, Rp 4 miliar untuk pilkada pertama. Sementara dari Pemprov Jabar, Rp 5 miliar untuk penyelenggaraan pemerintah dan Rp 5 miliar untuk proses pilkada pertama,” ujar Kabag Tata Pemerintah (Tapem) Kabupaten Sukabumi, Cece Sumpena kepada Radar Sukabumi, kamis (17/12).

Dikatakan Cece, kepastian kapan KSU ini akan terwujud, pihaknya masih belum bisa mengetahui. Hal itu lantaran, pihak yang menentukan realisasi KSU bukanlah Pemkab Sukabumi melainkan pemerintah pusat.

“Masih dalam proses pembahasan tahapan penataan daerah. Jadi belum bisa ditentukan kapan waktu pastinya KSU terwujud,” imbuhnya.

Terkait dengan asumsi dewan yang menyatakan Pemkab Sukabumi kurang melakukan lobi kepada pemerintah pusat, Cece membantahnya dengan tegas. Menurutnya, upaya secara maksimal telah dilakukan Pemkab Sukabumi dalam mewujudkan KSU tersebut.

“Itu tafsiran dewan saja. Kenyataannya, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan ini,” bebernya.

Mengingat proses KSU ini masih dalam pembahasan, Cece berharap semua pihak khususnya anggota DPR yang berangkat dari Dapil Sukabumi terus memperjuangkan KSU ini. Hal ini supaya pembahasannya lancar, dan bisa terwujud secepatnya.

“Mohon doa dan dukungan dari semua, semoga KSU ini segera terwujud,” singkatnya.

Sementara itu, Aktivis Sukabumi, Moch Fery Permana menambahkan, rencana pemekaran ini harus ditindaklanjuti oleh kepala daerah terpilih. Lobi dan koordinasi harus intensif dilakukan, supaya harapan terwujudnya KSU segera terealisasi.

“Bagi anggota DPR, mereka harus benar-benar memperjuangkan KSU ini. Kami berharap, pimpinan Pemkab Sukabumi bekerja sama dengan anggota DPR dalam mewujudkan KSU,” singkatnya. (ren/t)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds