Pemuda Daerah Gelar Bakti Sosial

KOMPAK: Pemuda representasi dari setiap desa di Kecamatan Sukaraja berfoto bersama usai melaksanakan bakti sosial dari pembangunan fisik hingga bersih-bersih lingkungan.

KOMPAK: Pemuda representasi dari setiap desa di Kecamatan Sukaraja berfoto bersama usai melaksanakan bakti sosial dari pembangunan fisik hingga bersih-bersih lingkungan.

POJOKJABAR.com, SUKARAJA – Sebanyak 100 pemuda representasi dari setiap desa di Kecamatan Sukaraja menggelar bakti pemuda daerah berupa perbaikan masjid, musala, MCK, bersih-bersih di lingkungan Desa Cisarua serta pembanguan rawat beton jalan lingkungan sepanjang 200 meter.

“Kegiatan bakti pemuda daerah yang dilaksanakan di Desa Cisarua Kecamatan Sukaraja yang diikuti kurang lebih 100 orang pemuda desa menjadi program rutinan Disparbudpora Kabupaten Sukabumi,” ungkap Kepala Bidang Kepemudaan Disparbudpora Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang kepada Radar Sukabumi di sela penutupan kegiatan bakti pemuda daerah di Desa Cisarua, Rabu (16/9/2015).

Ia mengungkapkan, kegiatan bakti pemuda daerah dilaksanakan selama tiga hari. Pada hari pertama dilakukan pembinaan tentang wawasan kebangsaan, kewirausahaan, serta kepemimpinan pemuda.

“Di samping kita mengajak para pemuda untuk peduli dan terlibat aktif dalam pembangunan kita mendorong agar pemuda ikut terlibat dalam wiraswasta,” imbuhnya.

Menurut dia, seluruh peserta yang ikut dalam bakti pemuda daerah didorong untuk membuat kelompok usaha pemuda, agar para pemuda lebih memilih untuk menciptakan lapangan usaha baru daripada menjadi pemuda pencari kerja.

“Merealisasikan semua ini tentunya membutuhkan dorongan dari semua pihak, terutama pihak-pihak pemangku kebijakan,” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan menjadikan pemuda pelopor yang dapat membanggakan dalam setiap bidang serta dapat menjadi wirausaha muda yang mandiri sesuai yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat.

“Pemuda dapat meningkatkan kreativitasnya lewat wiraswasta serta membuka lapangan usaha baru yang produktif,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadi mengaku sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Kepemudaan Disparbudpora yang telah melaksanakan kegiatan rutinan bakti pemuda daerah.

“Saya merasa bangga, kurang lebih 100 orang pemuda di wilayah Kecamatan Sukaraja dapat berperan aktif untuk ikut terlibat dalam bakti sosial untuk pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana umum di Desa Cisarua,” singkatnya. (cr5/d)

Feeds