Satu Hati Berbagi untuk Indonesia, Alfamart Gelar Kegiatan Sosial

AMAL: Foto bersama Alfamart, Lions Club dan puluhan pelajar usai penyerahan kacamata di rumah Albi toko Alfamart Grogol, Sukoharjo. ALFAMART for RADARSUKABUMI
AMAL: Foto bersama Alfamart, Lions Club dan puluhan pelajar usai penyerahan kacamata di rumah Albi toko Alfamart Grogol, Sukoharjo. ALFAMART for RADARSUKABUMI
AMAL: Foto bersama Alfamart, Lions Club dan puluhan pelajar usai penyerahan kacamata di rumah Albi toko Alfamart Grogol, Sukoharjo.

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola minimarket Alfamart Alfamidi mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala dan transparan sebagai tanggung jawab etika kepada publik. Sebagai perusahaan ritel yang memiliki jaringan luas, SAT berinisiatif menjalankan aksi kemanusiaan dengan melibatkan partisipasi konsumen selain program CSR yang dijalankan menggunakan dana perusahaan.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin dalam siaran pers yang diterima Radar Sukabumi, belum lama ini menjelaskan, dengan partisipasi yang lebih luas, akan lebih banyak masyarakat prasejahtera yang menerima manfaatnya.

“Partisipasi masyarakat dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan Alfamart dapat disalurkan melalui Donasi-Ku Belanja dengan mendonasikan sebagian uang kembaliannya, masyarakat juga dapat berpartisipasi langsung melalui Donasi-Ku Bebas tanpa perlu berbelanja terlebih dahulu,” papar Solihin.

Ia membeberkan sejumlah program amal yang dijalankan di antaranya pembangunan tiga rumah singgah bagi anak penderita kanker bekerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Pembangun tersebut dari hasil donasi konsumen periode 1-31 Januari 2015 yang mencapai Rp2.396.592.401. Selanjutnya SAT bersama Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB), kembali menginisiasi Program  Bright Eyes, Bright Future, guna membagikan kacamata gratis untuk anak Indonesia yang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat. Pada periode 1 Februari – 30 April 2015, SAT berhasil mengumpulkan sejumlah Rp6.949.230.470.


“Targetnya, tahun ini akan dibagikan 30.000 kacamata gratis untuk anak Indonesia,” jelas Solihin.

Program Donasi-Ku 2015, selanjutnya bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH) Indonesia untuk merekonstruksi rumah layak huni bagi keluarga prasejahtera dalam program Kampung Alfamart. Sepanjang periode 1-31 Mei 2015 terkumpul donasi sebanyak Rp2.640.754.074. Menutup semester pertama 2015, tambah Solihin, pihaknya kembali bekerja sama dengan United Nations Children Fund (UNICEF) melalui rangkaian program Sahabat Pendidikan Indonesia. Periode 1-30 Juni 2015, donasi konsumen untuk program ini mencapai Rp2.636.696.021.

Program yang dijalankan sejak 2014 ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif, baik dari segi fasilitas maupun tenaga pengajarnya. Memasuki semester kedua 2015, SAT bekerja sama dengan Yayasan BM Cinta Indonesia akan menjalankan program pemberian 10.000 paket bantuan kepada keluarga prasejahtera.

Program yang berlangsung selama periode 1-31 Juli 2015 mendapat dukungan pemerintah melalui Kementerian Sosial RI. Melalui partisipasi Donasi-Ku konsumen Alfamart, perusahaan ingin mengajak masyarakat ikut berperan membantu sesama. “Bahkan sesuatu yang kecil pun dapat berarti besar bagi mereka yang membutuhkan,” pungkasnya. (*/cr8)