Muraz, Pramuka Bukan Sekadar Hobi

MEMERIKSA: Wali Kota Sukabumi, M. Muraz Saat memeriksa barisan peserta Pramuka pada peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka.
MEMERIKSA: Wali Kota Sukabumi, M. Muraz Saat memeriksa barisan peserta Pramuka pada peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka.
MEMERIKSA: Wali Kota Sukabumi, M. Muraz Saat memeriksa barisan peserta Pramuka pada peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka.

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Ribuan peserta gerakan pramuka meriahkan peringatan Hari Pramuka ke-54 tahun 2015 tingkat Kota Sukabumi dengan pawai akbar dan upacara di Lapang Merdeka, Kamis (27/8/15). Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Sukabumi yang menjadi inspektur upacara dan sekaligus membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka serta menyematkan Tanda Penghargaan Orang Dewasa, Panca Warsa VI, V, IV, III, II, I, dan Pramuka Garuda.

“Kegiatan peringatan tahun ini lebih meriah. Diikuti ribuan peserta gerakan pramuka se-Kota Sukabumi. Dari mulai pelajar tingkat SD hingga SMA. Bahkan pawai yang mengelilingi sekitar pusat kota,” ujar Muraz kepada Radar Sukabumi.

Kemeriahan peringatan tahun ini membuktikan bahwa pramuka menjadi sebuah nilai yang didapatkan pelajar di luar jam belajar, dan mampu mencetak generasi muda yang disiplin dan bertanggung jawab.

“Banyak hal positif yang didapatkan dalam mengikuti kegiatan pramuka. Sehingga dalam pelaksanaannya tak sekedar menjadi hobi. Akan tetapi dijadikan bekal untuk kehidupan selanjutnya,” katanya.


Masih kata dia, salah satu kegiatan seperti pawai akbar pun membuktikan kekompakan serta membangkitkan nilai gugah terhadap masyarakat, agar tetap mampu menjalin kebersamaan satu sama lain. Diharapkan dalam peringatan ini pun kegiatan pramuka mampu menjadi alternatif pelajar dalam pengembangan serta penyaluran bakatnya kelak.

“Dalam dunia pramuka jelas pelajar dibekali beberapa materi yang memfokuskan penerapan kedisiplinan yang matang. Tak hanya itu, pramuka juga diharapkan menjadi salah satu muatan lokal yang tetap eksis,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Dirinya mengaku sangat bangga akan generasi muda yang tak henti-hentinya tertanam nilai semangat yang tinggi. Sebab, hal yang pertama paling mendasar wajib dimiliki setiap orang yaitu semangat.

“Kami sangat apresiasi atas tingginya semangat pelajar dalam kebersamaan. Mudah-mudahan ke depannya pramuka mampu membuktikan juga pada dunia keberhasilan dan berbagai prestasi yang gemilang,” sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga jajaran pimpinan daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi FORKOPIMDA Kota Sukabumi, para kepala SKPD, direktur BUMN-BUMD, pimpinan instansi vertikal.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Pramuka Tingkat Kota Sukabumi, Munandi Saleh mengatakan, pada kegiatan peringatan pramuka dilakukan pemberian Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) untuk para pembina dan juga pemberian penghargaan kepada anggota penegak (SMA/sederajat) yang melanjutkan untuk menjadi pramuka Garuda (Tingkatan Tertinggi).

“Selain kegiatan upacara sebagai bentuk peringatan HUT Pramuka tingkat Kota Sukabumi di dalamnya juga terdapat beberapa serangkaian acara seperti menampilkan atraksi pagelaran seni yang dilakukan anggota pramuka dengan kesenian yang dipadukan,” paparnya.

Kegiatan peringatan dihadiri oleh sekitar 7 ribu orang ini merupakan kegiatan puncak yang sebelumnya juga peringatan HUT Pramuka di tiap kecamatan se-Kota Sukabumi yang tepat pada Hari Lahir Pramuka tanggal 14 Agustus.

“Kegiatan sebelumnya sudah dilakukan sejak 14 Agustus, seperti melakukan ziarah kubur ke makam para tokoh pramuka, selanjutnya pada malam harinya dilangsungkan kegiatan ulang janji untuk para pembina se-Kota Sukabumi dipimpin langsung oleh Mabincab yakni Wali Kota Sukabumi, M Muraz. Kemudian di tanggal 14 Agustus, langsung melakukan kegiatan upacara di setiap Kecamatan se-Kota Sukabumi,” jelasnya. (lan/cr7/e)