Akik Sukabumi Tak Kalah Pamor * Omzet Menggiurkan

A

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Kini, pandangan masyarakat yang kerap mengaitkan batu akik dengan dunia mistis telah berubah menjadi tren mode. Warga lokal hingga luar negeri pun terus mengagumi batu bernilai ekonomis tinggi ini.

“Jangan salah, batu akik asal Jampang, Kabupaten Sukabumi seperti blue oval mizon pemasarannya sudah sampai mancanegara,” kata Owner Kiki Kaum Gemstone, Nor Rizky Yudistira kepada Radar Sukabumi, kamis (27/8).

Ia prihatin mayoritas orang melihat potensi batu akik sebelah mata. “Padahal, jika dikelola dengan baik, batu akik dari Sukabumi ini punya nilai jual sangat tinggi, sekaligus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kecil di daerah Jampang,” ulas pria yang menggeluti batu akik sejak mendiang kakeknya masih hidup.


Melihat hal tersebut, dirinya makin fokus menggeluti bisnis batu akik, mulai proses pembuatan dari bahan mentah hingga bahan jadi, kemudian dipasarkan lewat online.

Nor Rizky alias Kiki tak hanya jual beli batu mentahnya saja. Proses pembuatan ia lakukan di kediamannya. Sehari, 20 pcs batu akik bisa dibuatnya sendiri, dengan harga jual bervariatif mulai Rp 350 ribu hingga Rp 3 jutaan.

“Batu akik Sukabumi siap bersaing, dan sangat berpotensi hingga ke mancanegara,” ulas Kiki yang biasa menggelar lapaknya di Jalan A Yani Gang Kaum, Kota Sukabumi itu.

Omzet yang dihasilkan pun lumayan tinggi, Rp 350 ribu per hari ada di tangan. “Paling banyak konsumen biasanya dari online yah. Memang modalnya kepercayaan, Alhamdulillah sampai sekarang bisnis ini berjalan lancar,” akunya yang berharap batu akik nusantara semakin maju dan berkembang. (cr8/t)