Hari Ini, Anggota Pramuka Tumpah di Lapdek

B

SUKABUMI РPeringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-54, digelar di seluruh tingkat pemerintahan, baik tingkat kecamatan maupun kota/kabupaten, provinsi dan juga nasional. Kegiatan peringatan itu digelar oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang Kota Sukabumi,  Kamis (27/8).

Peringatan yang dipusatkan di Lapang Merdeka (Lapdek) Kota Sukabumi tersebut, merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan di tingkat kecamatan. Hal itu dikatakan oleh Ketua Panitia HUT Pramuka Tingkat Kota Sukabumi, Munandi Saleh, kepada Radar Sukabumi, rabu (26/8).

Selain itu juga, dirinya menerangkan bahwa serangkaian kegiatan sebelumnya sudah digelar oleh seluruh kecamatan se-Kota Sukabumi seperti upacara, bakti sosial, ziarah kubur dan juga kegiatan ulang janji.


“Kegiatan sakral sebelumnya sudah dilakukan sejak 13 Agustus, seperti melakukan ziarah kubur ke makam para tokoh pramuka, selanjutnya pada malam harinya dilangsungkan kegiatan ulang janji untuk para pembina se-Kota Sukabumi dipimpin langsung oleh Mabincab yakni Walikota Sukabumi, M Muraz. Dan kemudian di tanggal 14 Agustus, langsung melakukan kegiatan upacara di setiap Kecamatan se-Kota Sukabumi,” paparnya.

Tak hanya itu, dirinya pun mengatakan, serangkaian kegiatan pramuka juga sebelumnya sudah melakukan kompetisi pada 24 Agustus dengan mengadakan Lomba Ketangkasan Peraturan Baris Berbaris dengan memakai tongkat (LKPBBT) bagi para anggota pramuka tingkat siaga (SD) dan juga penggalang (SMP).

“Selain kegiatan sakral, kami juga melakukan kegiatan yang bersifat kompetisi seperti kegiatan LKPBBT bagi para anggota pramuka tingkat siaga dan penggalang. Serta LKPBB yang memeperlombakan para anggota dewasa dan juga pembina se-Kota Sukabumi,” ujar Munandi.
Dirinya pun berharap, dengan kegiatan upacara peringatan HUT Pramuka tingkat Kota Sukabumi yang berlangsung hari ini berjalan lancar dengan berbagai kegiatan yang akan dilakukan. “Semoga saja peringatan upacara besok (hari, red) lancar sampai selesai,” harapnya.

Sementara itu, salah satu panitia yang juga anggota DKC Kota Sukabumi, Fernando memaparkan, serangkaian kegiatan yang akan dilakukan hari ini seperti anggota pramuka tingkat penggalang yang mengisi kegiatan peringatan HUT dengan atraksi pagelaran seni.

“Kegiatan besok (hari ini, red) direncanakan menampilkan atraksi pagelaran seni yang dilakukan anggota pramuka dengan kesenian yang dipadukan, serta akan ada juga gladi posko penanggulangan bencana yang bekerja sama dengan Basarnas dan juga kegiatan motor layang,” pungkasnya. (cr7/e).