Pembaretan Langkah Pembentukan Karakter

B

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Pendidikan mental untuk anak sekolah nampaknya saat ini menjadi perhatian seluruh masyarakat. Pasalnya, penanaman sifat baik serta pembentukan karakter santun terdapat pada pendidikan yang dilakukan pada keseharian para anak, terutama di sekolah. Pembentukan karakter anak seperti itu saat ini sudah banyak dilakukan oleh sekolah negeri maupun swasta, seperti halnya yang dilakukan SMKN 1 Kota Sukabumi.

Sekolah tersebut dalam rangka membentuk karakter serta melatih para peserta didik baru, melakukan pembaretan sebagai kegiatan puncak dari pelatihan sebulan sebelumnya yang dilakukan terhadap para siswa baru. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi, Saepurohman Udung, kepada Radar Sukabumi, selasa (25/8).

Selain itu, dirinya pun mengatakan bahwa kegiatan pembentukan karakter yang merupakan program sekolah setiap tahunnya itu, saat ini diikuti oleh 650 peserta dengan kegembiraan setelah sebelumnya dilakukan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) selama satu bulan penuh sebagai bentuk latihan bagi para siswa baru.


“Sebelumnya selama satu bulan penuh, para peserta didik baru diberikan pelatihan sebagai salah satu langkah untuk membiasakan serta melatih mental mulai dari pelatihan fisik, pendalaman religiusitas, serta kegiatan bakti sosial. Selanjutnya, sebagai bentuk acara puncak diadakan pembaretan untuk semua peserta yang telah melakukan diklatsar,” paparnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan yang saat itu dilakukan juga bertepatan dengan HUT ke-50 tahun SMKN 1 Kota Sukabumi. Sehingga, kegembiraan serta kemeriahan kegiatan tersebut semakin bertambah dengan ditambah tamu undangan dari semua alumni tiap angkatan yang hadir.

“Kami undang semua alumni yang hadir dari tahun 1965, sehingga terlihat hampir 1.000 orang alumni yang hadir dalam memeriahkan Milangka 50 Taun yang juga sebagai ultah emas bagi sekolah kami,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan para peserta didik baru itu, semoga nantinya mendapatkan hasil maksimal dari pembentuakan karakter yang dilakukan oleh sekolah.

“Semoga saja dengan dilakukannya kegiatan diklatsar yang selanjutnya diuji pada kegiatan pembaretan, angkatan tahun ini bisa menjadi angkatan terbaik. Apalagi kebetulan angkatan ini bertepatan dengan Milangka ke-50 Taun sekolah,” harap Saepurohman.

Sementara itu, salah satu pelaksana kegiatan perwakilan dari siswa yang juga merupakan pengurus OSIS, Rama Prayoga mengatakan optimis dengan serangakaian kegiatan yang dilakukan akan mampu merubah kebiasaan siswa SMP/sederajat para siswa baru menuju tingkatan SMA/sederajat.

“Saya yakin kegiatan ini mampu membentuk karakter adik-adik, terutama dari beberpa faktor yang dibidik untuk berubah. Seperti kepercayaan diri, kedisiplinan dan juga kepekaan hati,” paparnya.