Pasar Palabuhanratu Harus Bersih PKL

G

POJOKJABAR.id, SUKABUMI –¬†Pasar Semi Modern Palabuhanratu diresmikan Bupati Sukabumi Sukmawijaya, Selasa¬†(25/8). Peresmian disaksikan langsung para pedagang serta dinas terkait. Dalam kesempatan tersebut, bupati mengingatkan pedagang untuk tak membuang sampah sembarangan juga menjaga dari adanya pedagang kaki lima (PKL)

“Pasar Palabuhanratu sekarang lebih nyaman dan bersih dari sebelumnya, dengan demikian para pedagang maupun pengunjung harus bisa merawatnya jangan buang sampah sembarangan dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut bisa merusak pemandangan pasar yang telah tertata rapi,” ungkap Sukmawijaya, dalam sambutannya.

Hal itu perlu dilakukan, sebab pasar semi modern yang dibangun itu bisa kokoh sampai 20 tahun, sehingga jika para pedagang telah habis masa penggunaannya selanjutnya bisa langsung diperpanjang. “Bangunannya sekarang dibuat kokoh sehingga menghilangkan citra pasar yang dulunya kumuh dan kotor. “Jika para pedagang nantinya habis masa hak guna, pedagang tinggal memperpanjang izinnya saja,” jelasnya.


Kepala daerah yang akan habis masa jabatannya ini menegaskan kepada pengelola pasar untuk senantiasa mengawasi para PKL yang sering menggunakan lahan seenaknya di lingkungan depan pasar. Menurut dia, adanya PKL bisa merugikan pedagang lainnya yang ada di dalam pasar, serta menjadikan kesan kumuh. “Silakan PKL berjualan di tempat lain jangan di depan pasar kepada Satpol PP saya harapkan untuk terus mengawasi dan menindak,” tandasnya. (cr3/d)