Asyik, Satlantas Tilang 24 Pelanggar

POJOKJABAR.id, CITAMIANG – Sebanyak 24 kendaraan terkena tilang pada operasi kendaraan terpadu yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota dengan melibatkan sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Jasa Raharja dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang dipusatkan di kawasan Jalan Otista Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Selasa (25/8/15).

Dalam pelaksanaan di hari pertamanya ini, Kepala Satuan Satlantas Polres Sukabumi Kota AKP Karyaman menuturkan masih terdapat banyak pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pengguna kendaraan bermotor. Mayoritas, pelanggaran tersebut adalah kelengkapan kendaraan, dan tidak membayar pajak kendaraan. Terpantau di hari pertama menggelar razia operasi terpadu ini 24 kendaraan terkena tilang 23 di antaranya pelanggaran STNK dan satu kendaraan pelanggaran SIM. “Sebagian besar pelanggaran dilakukan pengendara karena terbukti tidak membawa surat kelengkapan berkendara. Mereka yang melanggar akan mengikuti sidang, Rabu minggu depan di Pengadilan Negeri Kota Sukabumi,” jelasnya.

Dikatakan Karyaman, kegiatan Razia Operasi Terpadu tersebut dalam rangka penegakan hukum berlalu lintas bagi pengendara kendaraan di jalan raya. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari ke depan dengan lokasi yang berbeda-beda dengan sasaran kendaraan umum dan juga kendaraan pribadi.


Menurutnya, program operasi razia terpadu ini sering dilakukan pihaknya agar kesadaran tertib berlalu lintas kendaraan di jalan raya terus berlangsung sekaligus, sebagai upaya untuk mengingatkan pengendara agar tertib dalam berlalu lintas. Tidak hanya tertib dalam administrasi, tetapi menggunakan atribut keselamatan berkendara yang sesuai dengan peraturan seperti helm SNI untuk kendaraan roda dua dan untuk kendaraan roda empat tetap menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. “Peraturan berlalu lintas ini sudah sering kita sosialisasikan sebelumnya kita juga ada operasi patuh lodaya, dan sosialisasi tertib berkendara lainnya,” terangnya. Ia pun berharap dengan adanya operasi razia gabungan tersebut masyarakat bisa semakin paham dan sadar tentang betapa pentingnya tertib dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (wdy/d)