Pertalite Sudah Hadir di Sukabumi

POJOKJABAR.id, CIKOLE – Ada kabar gembira bagi masyarakat Sukabumi baik kota maupun kabupaten yang merindukan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Bahan bakar jenis baru ini sekarang sudah memasuki wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi dan dinyatakan siap beredar di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sementara untuk jumlah SPBU yang siap untuk menjual Pertalite saat ini tercatat ada sepuluh SPBU terdiri dari empat SPBU di wilayah Kota Sukabumi dan enam SPBU di Kabupaten Sukabumi.

“Untuk di Kota Sukabumi nanti akan tersebar di beberapa SPBU misalnya di SPBU Ciaul, Otista, Sudirman sedangkan di Kabupaten Sukabumi tersebar di wilayah Utara, Selatan, Timur dan Barat. Untuk kepastiannya nanti kita akan launching kepada masyarakat Sukabumi,” ujar Ketua Hiswana Migas Kota Sukabumi, Yudha Sukmagara, Senin¬†(24/8/15).

Ketersediaan BBM jenis baru ini sebagai percobaan dan perkenalan kepada masyarakat. Jadi belum semua SPBU yang ada di Sukabumi bisa menyediakan Pertalite. Lantaran, dalam penyediaannya SPBU harus menyiapkan terlebih dahulu fasilitasnya seperti dispenser baru dan tangki penampungan.¬†“Namun sampai saat ini yang sudah siap menjual Pertalite hanya di SPBU Ciaul saja, kemungkinan hari ini pengendara kendaraan bermotor sudah bisa membeli dan menikmatinya,” katanya, Senin (24/8/15).


Hadirnya produk ini tidak akan terjadi pemangkasan kuota Premium ataupun Pertamax. Sementara dalam uji coba ini, kuota Pertalite hanya berkisar 16 ribu ton per hari, nanti pihaknya akan mempertimbangkan kembali kuota tersebut sesuai dengan animo masyarakat. “Dalam masa percobaan tiga bulan ini, jika memang animonya bagus kita bisa tambah kuota, tapi jika animonya sedikit produk ini tidak akan ditarik, namum kuotanya disesuaikan dengan animo masyarakat. Lambat laun semua SPBU bisa menyediakan Pertalite,” jelasnya.

Yudha yang juga pemilik SPBU Ciaul menambahkan, BBM berkadar ron 90 tersebut berdasarakan informasi dari Pertamina itu, dalam penggunaannya bisa lebih irit dibandingkan BBM lainnya. Dari segi kualitas memang cukup bagus jika dibandingkan dengan Premium namun harganya lumayan cukup mahal. “Katanya irit sampai 10 sampai 15 persen, tapi coba aja rasakan sendiri oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, persiapan Pertalite di SPBU Ciaul sendiri sudah disiapkan, tangki penampungan sudah disterilisasi atau dikuras. Sementara kabar yang diterima dari Pertamina, malam ini Pertalite akan tiba di SPBU. “Saya sudah persiapkan semuanya, besok sudah bisa beroperasi,” pungkasnya. (bal/d)