Massa Pendukung Calon Bentrok *dalam Simulasi Pengamanan Polres Sukabumi

B

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang bakal dilaksanakan 9 Desember mendatang, dimanfaatkan polisi untuk mematangkan persiapan pengamanan pilkada serentak. Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu simulasi penanganan massa yang digelar Polres Sukabumi, di Jalan Raya Sudirman, Palabuhanratu, Senin (24/8).

Dalam simulasi ini diskenariokan, massa pendukung dari salah satu pasangan calon tersulut emosinya karena diejek massa pendukung calon lain, kejadiannya di saat masa kampanye. Awalnya hanya saling ejek, namun berujung kepada bentrok massa akibat adanya dalang yang memulai pelemparan.

Sesaat kemudian, ratusan anggota polisi datang untuk melerai, akan tetapi aksi massa semakin beringas hingga polisi mengambil tindakan pembubaran massa secara paksa serta mengamankan sejumlah provokator.
Selain masa kampanye, simulasi pengamanan juga dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS) serta Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Menurut Kasubag Humas Polres Kabupaten Sukabumi, AKP Sunarto, simulasi tersebut digelar terkait persiapan pilkada Desember mendatang. Persiapan pengamanan yang mesti dilakukan jauh-jauh hari, bisa dimaksimalkan dari sekarang. “Dengan latihan yang kami lakukan menunjukkan bahwa polisi siap mengamankan pilkada,” ungkap Sunarto di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, simulasi ini merupakan latihan pertama, adapun tahap kedua akan dilaksanakan di Lapangan Cangehgar serta bergabung dengan anggota dari Polres Sukabumi Kota juga didukung dengan alat-alat yang lebih lengkap.

“Polres Sukabumi Kota akan bergabung dalam latihan ini sebab kantor KPU dan beberapa kecamatan berada di wilayah hukum Kota Sukabumi dan beberapa kecamatan masuk,” ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini belum ada potensi kericuhan pada saat pelaksanaan pilkada. Meski demikian, polisi tak pernah lengah dengan kondisi saat ini sebab kesiagaan harus tetap dijaga. “Polres Sukabumi ingin menunjukkan jika Polri siap untuk melaksanakan pilkada serentak dan memastikan pilkada berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Dalam pelaksanaan pengamanan nanti, difokuskan di beberapa lokasi seperti TPS, PPK dan KPU,” terangnya. (cr3/d)