KKM STISIP Lestarikan Alam *Lewat Penanaman Pohon di PH

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Sebagai bentuk pengamalan tridharma perguruan tinggi poin ketiga yakni pengabdian terhadap masyarakat, para mahasiswa dari semua perguruan tinggi negeri maupun swasta mengadakan program perkuliahan terjun langsung ke masyarakat. Program yang menjadi rutinitas setiap kampus tersebut sering dinamani dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Seperti yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan (STISIP) Widyapuri.

Kegiatan KKM tersebut merupakan wujud dari program yang harus dipenuhi para mahasiswanya yang sekaligus menjadi salah satu syarat dari kelulusan sebelum melakukan sidang di akhir ujian. Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang mahasiswa STISIP Widyapuri yang mengikuti KKM tahun ini, Deudeu Seuminar, Senin (24/8/15).

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa selain menjadi syarat dari kelulusan, KKM ini pun merupakan program yang ditunggu kebanyakan mahasiswa. Pasalnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu praktik yang dilakukan mahasiswa untuk lebih menggali potensi maupun bentuk advokasi langsung terhadap warga masyarakat. “KKM ini merupakan kegiatan yang sudah terprogramkan dari kampus sebagai bentuk turun langsung mengabdikan diri terhadap masyarakat,” ujar Deudeu.


Kegiatan KKM yang dilakukan mahasiswa STISIP Widyapuri yang kurang lebih selama tiga minggu tersebut, diakuinya merupakan kegiatan yang terlalu singkat namun juga tepat. Karena menurutnya, dengan waktu yang sedikit tersebut para mahasiswa yang melakukan KKM bisa mempadatkan acara dengan terus menerus membuat kegiatan untuk memaksimalkan waktu.

“Banyak sekali kegiatan dilakukan para mahasiswa yang sedang KKM, salah satunya penanaman pohon. Ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk menjaga kelestarian serta membantu menyediakan air secara berkala,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dedeu yang juga koordinator KKM se-Kecamatan Sukabumi tersebut mengatakan, kegiatan yang dilakukan terjurus untuk melakukan peninjauan terhadap indeks pembangunan manusia (IPM), pendidikan serta kesehatan yang terjadi di masyarakat. “Tugas kami melakukan kegiatan KKM di Kecamatan Sukabumi tertuju pada IPM, pendidikan serta kesehatan yang terjadi di masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, di samping lain, salah satu kepala desa dari Kecamatan Sukabumi yang menghadiri acara penanaman pohon tersebut, Edi Juarsyah, mengaku salut dari beberapa rencana kegiatan yang sudah dilakukan para mahasiswa STISIP Widyapuri tersebut. Salah satunya kegiatan penanaman pohon di Pondok Halimun (PH).

“Saya apresiasi langkah yang dilakukan oleh para mahasiswa yang melakukan KKM apalagi dengan program yang nyata dilakukan seperti penanaman pohon di PH,” ujarnya.

Dengan banyaknya manfaat dari penanaman pohon yang dilakukan di sekitar lingkungan, dirinya pun berharap semoga para mahasiswa KKM dari STISIP Widyapuri ini memberikan contoh untuk para mahasiswanya yang lain ketika akan melakukan KKM.

“Mudah-mudahan dengan langkah penanaman pohon ini, dapat menambah debit air agar semakin melimpah, walaupun memang, penanaman ini masih antara hidup dan mati. Oleh karena itu, saya harapkan juga untuk adik-adik mahasiswa nantinya bisa menengok hasil tanam yang dilakukan sewaktu-waktu,” pungkasnya. (cr7/e)