17 Calon Haji Akhirnya Diberangkatkan

KOL 1LOGO HAJI copy

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Masih ingat dengan 17 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Sukabumi yang mendadak ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci Makkah oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi, saat berkumpul di Lapangan Yon Armed 13 Cikembar pada pukul 16.00 WIB, Minggu (23/8) lalu gara-gara visa belum turun.

Senin (24/8), Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Sukabumi, Hasen Chandra mewakili Kemenag menjelaskan, ke-17 CJH tersebut akhirnya jadi diberangkatkan kurang dari 24 jam, pasca Kedutaan Arab Saudi mengonfirmasi atas ketersediaan visa.

“Alhamdulillah, semua sudah teratasi. Jamaah yang tertunda siang hari, berangkat pada malam sekitar pukul 21.00 WIB di hari yang sama,” kata Hasen Chandra kepada Radar Sukabumi.


Dirinya mengklaim, persoalan tertundanya keberangkatan mereka itu bukan kesalahan panitia di daerah. Sebab, persoalan visa jamaah haji bukan kewenangan PPIH Kabupaten Sukabumi dalam menerbitkannya, melainkan Pemerintah Arab Saudi.

“Persoalan ini bukan ada pada kami, melainkan Pemerintah Arab Saudi. Karena, yang menerbitkan visa adalah mereka,” imbuhnya.

Hasen menyebutkan, dari jumlah jamaah yang kemarin berangkatnya tertunda itu persoalannya tidak sama. Yakni tidak hanya pada persoalan visa saja, melainkan keinginan jamaah yang lain hendak beribadah bersama keluarga. Sehingga, mereka memutuskan menunggu sampai keluarganya menerima visa.

“Kami tentunya tidak tinggal diam. Koordinasi langsung kami lakukan, hingga akhirnya petang dari pihak kedutaan menyatakan visa sudah siap. Para jamaah yang tertunda pun langsung kita berangkatkan saat itu juga,” bebernya.
Dengan diterimanya visa yang sisa kemarin, lanjut Hasen, pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Sukabumi tidak lagi ada persoalan. Sebanyak 444 jamaah telah berangkat pada gelombang pertama, dan sisanya akan berangkat pada gelombang kedua dan ketiga, yakni pada 11 dan 16 September mendatang.

“Semuanya tidak ada persoalan lagi karena sudah teratasi. Kita doakan semoga para jamaah menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Informasi telah berangkatnya ke-17 CJH itu sampai juga pada Kabag Keagamaan Pemkab Sukabumi, Ali Iskandar.
Ali membenarkan bahwa jamaah yang berjumlah 17 orang tersebut berangkat pada malam hari, menyusul jamaah yang telah berangkat pada siang hari.

“Informasinya seperti itu, sekarang semua jamaah untuk gelombang pertama telah berangkat,” timpalnya.
Selain itu, Ali juga meminta persoalan jamaah yang tertunda kemarin tidak lagi dipersoalkan. Pasalnya, saat ini seluruh jamaah pada gelombang pertama telah berangkat. Karena, keberangkatan para jamaah ini merupakan hal yang terpenting terlaksanakan.

“Tentu saja ini harus menjadi pembelajaran bagi semuanya, supaya ke depan lebih meningkatkan lagi kinerja dalam pelaksanaan ibadah haji ini,” singkatnya. (ren/t)