Dishub Hantarkan Rusdi Jadi Jawara Se-Jabar

A

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Dinas Perhubungan Kota Sukabumi hantarkan pelajar SMKN 2 Kota Sukabumi, Muhammad Rusdi menjadi juara pertama Pelajar Pelopor Keselamatan Transportasi Darat untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2015. Lomba yang digelar Kementerian Perhubungan RI tersebut berlangsung di Bandung, belum lama ini.

Rusdi tampil sebagai juara mengungguli 46 peserta lainnya dari 26 kota dan kabupaten se-Jawa Barat. Keikutsertaannya tidak lepas dari konstribusi Dinas Perhubungan Kota Sukabumi yang melakukan seleksi dan pembinaan terhadap siswa kelas XII tersebut.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengaku bangga dengan prestasi yang diraih pelajar asal SMKN 2 Kota Sukabumi itu. Secara langsung maupun tidak langsung, Rusdi telah mengharumkan nama Kota Sukabumi di tingkat provinsi maupun pusat. “Jadi, perlombaan ini merupakan gagasan dari Kementerian Perhubungan. Di setiap kota/kabupaten dan provinsi harus melaksanakan lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan transportasi darat,” ujarnya.


Abdul Rahman mengatakan, ada beberapa tahapan dalam lomba tersebut, di antaranya ujian tertulis, pembuatan makalah dan dipresentasikan. Selanjutnya, peserta harus mampu mempertahankan makalahnya. Materi lomba tertulis dibuat oleh sejumlah lembaga, di antaranya, Polda Jabar, Dishub, Badan Nasional Narkotika dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. “Kota Sukabumi unggul karena penyajiannya bagus, jawaban mengena dan meyakinkan, ketika wawancara punya kecepatan yang bagus,” jelasnya.

Lomba tersebut merupakan agenda Kementerian Perhubungan RI. Dishub Kota Sukabumi menindaklanjutinya dengan melakukan seleksi mulai dari tingkat kota dengan mengikutsertakan perwakilan dari seluruh sekolah tingkat SLTA di wilayah tersebut. Seleksi tingkat kota, sebanyak enam siswa terbaik ikut untuk tingkat provinsi. “Sebelum dikirim ke provinsi, dilakukan pembekalan di Bagian Teknik Sarana Dishub Kota, dan ditambah pengetahuan berlalu lintas,” katanya.

Terpilihnya sebagai juara, Rusdi diharapkan menjadi duta keselamatan berlalu lintas. Ilmu dan pengetahuan yang didapatnya bisa disebarluaskan kepada sesama pelajar. Bukan hanya di sekolahnya, juga seluruh siswa di Kota Sukabumi. “Prestasi ini sebagai motivasi untuk meningkatkan semangat anak tentang kesadaran berlalu lintas. Sebab, masalah lalu lintas bukan hanya tanggung jawab Dishub dan polisi, tapi harus melibatkan masyarakat termasuk para pelajar,” ujarnya. (cr7/bal/t)