Debby dan Faiz Jadi Pinunjul [Mojang Jajaka]

A

 

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Debby Suci dan Faiz Alban terpilih sebagai juara satu atau pinunjul event Mojang dan Jajaka Kabupaten Sukabumi 2015. Penentuan pasangan ini, terseleksi melalui ajang grand final Pasanggiri Mojang dan Jajaka 2015, yang berlangsung di Taman Rekreasi Cimalati, Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug, Sabtu (22/8) malam. Dalam panggung tersebut, tim juri menyeleksi ketat sebanyak 15 mojang dan 15 jajaka yang lolos dari serangkaian audisi.

Acara grand final dihadiri Direktur PD Pesona, Cepta Heri, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi, dan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga (Kadisbudpora) Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadie. Grand final juga disaksikan moka dari sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat, serta ratusan pengunjung.
Melalui proses seleksi di panggung pasanggiri, tim juri yang dipimpin Runner Up Putri Indonesia Jawa Barat tahun 2015, Shinta Safira, memutuskan Debby Suci dan Faiz Alban sebagai Moka Kabupaten Sukabumi 2015.
Kemudian Wakil 1 Moka Kabupaten Sukabumi, Eka Ayu Wandita dan Purna Irawan, sedangkan untuk Wakil 2 Moka Sarah dan M Irfan Nuryadin.


Selain itu, tim juri memilih dan menetapkan Moka Kamemeut, Mimitraan, Motekar serta Intelegensia. Semua penyandang gelar dan juara, mendapat hadiah berupa bingkisan dari sponsor serta uang pembinaan.”Mojang dan Jajaka Kabupaten Sukabumi hasil pasanggiri ini, selanjutnya akan kami bina untuk menjadi duta untuk pasanggiri mojang dan jajaka tingkat Provinsi Jawa Barat. Di samping itu, melalui Paguyuban Mojang dan Jajaka, mereka akan terus dibina sebagai duta-duta pariwisata di Kabupaten Sukabumi,” ujar Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi, Agung.

Sementara itu, dalam pelaksanaan pasanggiri mojang jajaka tahun ini, dipilih daerah Utara Sukabumi sebagai tempat penyelenggaraan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggara memilih konsep panggung di atas kolam renang dan di luar ruangan atau outdoor.
“Kabupaten Sukabumi merupakan daerah yang kaya dengan tempat wisatanya, kami ingin meningkatkan kesohoran lokasi wisata dengan berbagai acara tapi dengan kemasan yang menarik. Maka dari itu untuk event mojang jajaka ini dilaksanakan tak hanya di daerah selatan tapi kini di daerah utara. Pada kegiatan ini kami menyediakan tempat dan pelaksanaan oleh Disbudpora,” ujar Direktur PD Pesona, Cepta Heri. (dri)