BNI Serahkan CSR Rp 30 Juta * Juga Peringati Hari Rajin Menabung di SMKN 1 Sukabumi

Bank BNI Peduli Pendidikan
                                                          Bank BNI Peduli Pendidikan

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Lagi, Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Kantor Cabang Utama (KCU) Sukabumi makin peduli dunia pendidikan. Dalam rangka memperingati Hari Rajin Menabung 2015, bertempat di aula Sekolah Teknologi Menengah Sukabumi (Stekmensi) yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan SMKN 1 Sukabumi, Jalan Kabandungan, Kota Sukabumi, BNI melakukan sosialisasi, games (cerdas cermat, red), mengedukasi para pelajar betapa pentingnya menabung sejak dini, sekaligus menyalurkan Corporate Social Responsibility berupa beasiswa Rp 10 juta yang dibagikan untuk 20 pelajar SMKN 1 masing-masing berupa tabungan senilai Rp 500 ribu, dan sarana kebutuhan sekolah senilai Rp 20 juta. Pihaknya juga membranding acara Milangkala 50 Taun Stekmensi.

Mewakili BM BNI 46 KCU Sukabumi yang juga Sales Executive BNI 46 KCU Sukabumi, Yayan Sopiyan menyampaikan, menabung sangat penting dilakukan sejak dini. Ia juga berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengubah pola pikir pelajar, agar ke depan dapat menjadi lebih hemat dalam kehidupan sehari-hari. “Nah dengan diadakannya kegiatan ini, BNI hadir mengedukasi para pelajar, bahwa betapa pentingnya menabung, dan dengan menabung kita bisa meraih sesuatu yang kita inginkan,” ujar Yayan Sopiyan kepada Radar Sukabumi yang ditemui usai menyalurkan CSR total Rp 30 juta di sela-sela Milangkala 50 Taun Stekmensi ‘Nyawang Alam Panineungan Milangkala 50 Taun Sakola Urang’, Sabtu (22/8).

Kegiatan yang dihadiri Sales Executive BNI 46 KCU Sukabumi, Yayan Sopiyan, Penyelia Penjualan BNI 46 KCU Sukabumi Dian Lestari dan jajaran, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Sukabumi, Dudi Fathul Jawad, Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi, Saepurohman Udung dan jajaran, berikut ribuan alumni SMKN 1 tersebut meriah dengan berbagai tampilan kreasi serta penyerahan penghargaan dari pihak sekolah.
Yayan yang telah 23 tahun mengabdi di Komite SD se-Kota Sukabumi dan Ketua Forum Komunikasi Komite Anggota dan Pengurus SD se-Kota Sukabumi itu berkomitmen tingga terhadap dunia pendidikan. “BNI siap memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan, demi kemajuan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Senada dikatakan Penyelia Penjualan BNI 46 KCU Sukabumi Dian Melia. Menurutnya, kegiatan ini semata-mata bertujuan agar anak-anak menjadi gemar dan rajin menabung, serta membangun karakter anak sedari dini. “Dalam rangka Hari Rajin Menabung yang telah ditetapkan pemerintah, kita terus melakukan edukasi perbankan terus menerus ke sekolah, termasuk ke SMKN 1 Sukabumi ini. Di sekolah ini kami memberikan bantuan dengan total Rp 30 juta terdiri dari beasiswa Rp 10 juta untuk 20 pelajar SMKN 1 masing-masing berupa tabungan senilai Rp 500 ribu, dan sarana kebutuhan sekolah senilai Rp 20 juta,”terangnya.


Saking pedulinya, pihaknya juga mengadakan program menabung berkala dengan mendatangkan mobil BNI Layanan Gerak. “Program ini dilatarbelakangi Surat BI No 14/494/dpnp/dpnp tanggal 12 November 2012 tentang Pencanangan Hari Rajin Menabung (HRM) oleh Wakil Presiden RI pada Februari 2012. Kami mendatangkan mobil BNI Layanan Gerak sebulan sekali ke SMKN 1 Sukabumi,”ulasnya.

Dijelaskan Dian, BNI tetap concert kepada dunia pendidikan, dan ikut mencerdaskan bangsa. “BNI juga akan dan telah menyalurkan bantuannya kepada TK hingga SMA/SMK di Kabupaten Sukabumi. Kami berharap, orang tua juga membangun komunikasi ke anak untuk memotivasi untuk menabung,”tegas perempuan ramah ini.
Kadis P dan K Kota Sukabumi, Dudi Fathul Jawad merespon positif kegiatan dan langkah yang diusung BNI ini.
“Apa yang dilakukan BNI sangat bermanfaat, dan didukung penuh oleh Dinas P dan K. Kami melihat program-programnya begitu memperhatikan dunia pendidikan, kedepan kami akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan BNI terkait program yang siapa tau bisa dikerjasamakan di dunia pendidikan ini,” ujar mantan Kadiskoperindag Kota Sukabumi ini.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Sukabumi, Saepurohman Udung melalui humasnya, Rulli Hamdani sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BNI 46 KCU Sukabumi ini.
“BNI bagi kami sangat luar biasa, bank BUMN ini benar-benar peduli dunia pendidikan dan kami telah membuktikannya,”tegas Rulli Hamdani.

Adapun CSR yang diterima sekolah, akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan dari segi sarana dan prasarana penunjang sekolah. “Kami telah mengalokasikan bantuan Rp 20 juta dari BNI itu untuk penyediaan laptop, meja dan kursi di ruang rapat. Sedangkan bantuan beasiswa sebesar Rp 10 juta diberikan kepada 20 pelajar kurang mampu tapi berprestasi. Kami berharap kerjasama yang telah terjalin ini dapat terus berlangsung kedepan,”tuturnya.

Masih kata Rulli, tahun 2015 ini adalah tahun ke-4 SMKN 1 telah bekerjasama dengan BNI 46 KCU Sukabumi. “Alhamdulillah, program BNI ini sejalan dengan tujuan sekolah, apalagi lewat gerakan menabungnya. Tahun ke-1 sampai ke-3, para pelajar difasilitasi dengan Tabungan Taplus Anak, tahun ini rencananya kami coba dengan Taplus Muda,”ulasnya.

Gerakan menabung ini membuat para pelajarnya terhindar dari sifat boros, uang tabungan bisa digunakan untuk biaya sekolah, melatih mereka lebih bijak dalam menggunakan uang, dan hal positif lainnya. “Banyak manfaat telah kami rasakan dari kerja sama ini. Apalagi bagi orang tua murid yang jauh, bisa mengirit biaya transportasi. Karena mereka bisa melakukan pembayaran biaya sekolah melalui melalui sistem perbankannya BNI. Dengan begitu, lebih efektif, dan efisien,” terangnya.

Dengan sepuluh bidang keahlian yang dimiliki yakni geometika, kontruksi batu beton, teknik gambar, teknik kendaraan ringan, teknik pemesinan, teknik otomasi industri, teknik elektronika industri, dan TP3RP, pihaknya makin terbantu oleh BNI dalam program wisata edukasi, kunjungan industri, prakerin maupun magang yang

Bank BNI Peduli Pendidikan

dijalankan sekolah selama ini.

Senada dikatakan Ketua Milangkala 50 Taun Stekmensi, Kasmadi. Ia bangga apapun kegiatan yang dilakukan sekolahnya selalu disupport BNI 46 KCU Sukabumi. “Termasuk Milangkala 50 Taun Stekmensi yang dihadiri 1000 orang ini, di samping terbukti membantu sekolah juga BNI senantiasa menjadi sponsor acara kami. Milangkala ini di antaranya diisi napak tilas, sarasehan, show applause menunjukkan bahwa kita kuat, hebat, bersatu dan besar,” akunya yang juga menyebut selama 50 tahun sekolah berdiri, tercatat melahirkan 47 angkatan dengan 12.814 alumni yang tercatat di buku induk. (sri)