Nasi Bakar Bu Yayah Jadi Favorite

A

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Seakan tidak ada habisnya cerita kuliner dan jajanan yang ada di Sukabumi. Dengan sajian berciri khas tradisional, semua makanan yang disajikan bakal menggugah selera. Seperti menu nasi bakar di Rumah Makan Enak bu Yayah, yang berada di jalan Cikukulu no 18 rt 12/rw 04 Desa Cisadane, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Bukan sekedar nasi bakar, karena disajikan dengan menu lengkap seperti nasi bakar daging ayam, ati Ampela, daging sapi, daging kambing, ada pula nasi bakar cumi, Udang serta seafood.

Nasi bakar bu Yayah ini mempunyai sensasi rasa yang khas gurih. Sebelum dicicipi aroma yang khas dapat tercium dari daun pisang yang terbakar. Agar tak kehilangan rasa, nasi bakar akan sangat nikmat jika disantap sesaat setelah dimasak. Nasinya terasa pulen, demikian juga dengan isi seperti daging atau sea food terasa renyah. Nasi bakar juga dilengkapi sambal dadakan sebagai pelengkap rasa. Sedangkan untuk minum dapat memilih es teh tawar, manis dan minuman lainya.

Makanan ini bisa dinikmati untuk makan pagi hingga malam karena buka setiap hari, dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Yayah (55), pemilik mengungkapkan, rumah makan yang sudah hampir berdiri 15 tahunan dengan menyajikan menu andalan nasi bakar yang menjadi favorit para pelanggannya. Di Sukabumi sendiri, hanya rumah makan Bu Yayah ini yang mengajikan nasi bkar, tapi lambat laun banyak rumah makan yang menyajikan menu ini, meski demikian nasi bakar miliknya tetap unggul.


“Sudah dari tahun 2000 -an saya membuka rumah makan dengan menu nasi bakar, bahkan bisa di katakan awal mula nya nasi bakar tersedia di Sukabumi. Maka dari itu saya sudah punya banyak langganan tetap dari berbagai daerah, seperti yang dari garut kemarin , kesini cuma sekedar mau makan nasi bakar saja tidak ada tujuan lain,” ungkap Yayah.

Dalam sehari, Ia bisa memasak 100 porsi nasi bakar, dan selalu habis. Kenikmatan dari nasi bakar ini cukup ditebus dengan harga berkisar Rp 14 ribu hingga Rp 18 ribu per porsinya. “Seberanya banyak menu di rumah makan ini, selain nasi bakar ada juga sop, gado-gado dan ikan bakar,” terang Yayah.
Sementara itu, salah satu pelanggan Heri , menuturkan, nasi bakar kini sudah banyak tersedia di setiap daerah tetapi yang tersaji di rumah makan Bu Yayah mempunyai rasa yang khas. Sehingga sekali datang, Ia membawa serta keluarganya.

“Penyajian serta aroma yang di tercium dari nasi bakar ini benar-benar menggugah selera makan. Setiap akhir pekan seperti ini saya pasti datang untuk makan disini, selain nikmat harganya terjangkau. Untuk tempat makan nyaman dengan konsep lesehan,” jelas Heri . (cr7/d)