SCG Berulang Kali Salurkan CSR

POJOKJABAR.id, SUKABUMI –  (SCG) atau Semen Jawa menggulirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bantuan untuk sarana infrastruktur warga di Desa Sukamaju, Tanjungsari, Sirnaresmi, dan Kebonmanggu, Kecamatan Nyalindung. Meski belum beroperasi, perusahaan ini sudah menyalurkan CSR berulang kali.

Misalnya, Desa Wangunreja yang sudah menerima CSR sebanyak lima kali. Bantuan itu digulirkan untuk pembangunan jalan setapak, pembuatan sumur bor, WC umum bahkan biaya pendidikan sekolah. “Semenjak berdiri pembangunan PT Semen Jawa di tahun 2013, perusahaan ini begitu peduli dengan membantu pembangunan di desa kami. Bahkan, sebanyak 42 siswa mendapatkan bantuan dari perusahan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkap Kepala Desa Wangunreja, Ganda Permana.

Ia menuturkan, untuk pengelolaan dana CSR, desa akan membentuk tim khusus yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, BPD dan aparat Desa Wangunreja. “Penggunaan anggaran bantuan harus dirasakan oleh masyarakat serta peruntukannya bantuan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat maupun kepada PT Semen Jawa,” imbuh Ganda.


Terpisah, Staf CSR PT Semen Jawa, Ade Sultan mengatakan, program yang digulirkan perusahaan sebagai bentuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Kabupaten Sukabumi pada umumnya, dan khususnya masyarakat sekitar PT Semen Jawa.

Menurut dia, CSR disebar ke setiap daerah sebagai bagian dari wujud kepedulian dan kewajiban perusahaan untuk ikut aktif dalam mencerdaskan masyarakat dan ikut terlibat mendorong perekonomian serta pembangunan daerah pedesaan. “Kami ingin menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dengan masyarakat, agar terjaga harmonisasi serta kekeluargaan antara perusahaan dan masyarakat sekitar,” terangnya. (cr5/d).