Lagi, Kawasan HPGW IPB Terbakar

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Musim kemarau panjang tahun ini mengakibatkan kawasan Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) milik Institut Pertanian Bogor (IPB) di Desa Batununggul, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi kembali terbakar. Bahkan berdasarkan informasi, kebakaran tersebut sudah terjadi yang empat kalinya hingga mencapai 10 hektare.

Petugas HPGW, Medi mengatakan, pihaknya menerima informasi dari warga sekitar adanya kejadian kebakaran lahan. Pihaknya langsung bergegas melihat ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk memadamkan api yang berkobar. Upaya pemadaman api pun mendapatkan bantuan dari Koramil Cibadak dan Polsek Cibadak.

“Dalam sebulan ini sudah empat kali kebakaran di lahan hutan pinus,” kata Medi.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo menyebutkan akhir-akhir ini terjadi kebakaran di beberapa titik. Selain kawasan hutan, sedikitnya ada delapan rumah yang terbakar di musim kemarau ini.

“Kami mengimbau, agar warga lebih hati-hati. Warga juga agar tidak melakukan aktivitas yang berpotensi terjadinya kebakaran. Biasanya para pemburu madu atau penggarap lahan. Kami berharap, melakukan tindakan lebih hati-hati,” imbuhnya.


Jika sudah terjadi kebakaran, dirinya berharap masyarakat segera melaporkan kejadian tersebut, sehingga para petugas baik aparat keamanan, damkar dan BPBD segera melakukan tindakan pemadaman. (ryl)