Finalis Moka Bakal Berjalan di Atas Air

POJOKJABAR.id, SUKABUMI  РFinalis Pasanggiri Mojang Jajaka 2015 Kabupaten Sukabumi akan tampil di hadapan juri pada acara grand final, di Taman Rekreasi Cimalati, Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug, Sabtu malam (22/8). Menjelang puncak acara, 30 orang finalis akan melaksanakan serangkaian persiapan serta menjalani karantina yang dimulai sejak Rabu (19/8).

Finalis ini merupakan hasil audisi yang sudah dilakukan pada 8 Agustus di aula Kantor Disparbudpora Kabupaten Sukabumi. Dari pendaftaran yang dilakukan, tercatat sebanyak 74 pendaftar yang masuk. Mereka lantas mengikuti serangkaian tahap seleksi yang meliputi kelengkapan administrasi serta berbagai macam kemampuan.

Dari tahap tersebut diperoleh 30 orang finalis, 15 orang mojang dan 15 orang jajaka yang berasal dari 31 kecamatan.”Untuk pelaksanaan tahun ini kami mengambil tema pangkeuh rengkuh katumbiri sisi basisir yang berarti kokoh terhadap prinsip dan selalu mengedepankan sopan santun, perbedaan karakter menjadi satu akan lebih indah,” ungkap pengurus Paguyuban Mojang Jajaka, Kabupaten Sukabumi, Agung, kepada Radar Sukabumi, Jum’at(21/8).


Agung menambahkan, selama menjalani karantina, finalis mendapatkan beragam pembekalan. Hal ini dilakukan agar menumbuhkan kepercayaan diri untuk tampil menjadi yang terbaik sebab mereka akan dinilai sejumlah juri yang berasal dari Disparbudpora serta Miss Indonesia.¬† Juri akan bertanya terkait kepariwisataan, pemerintahan daerah, budaya, ekonomi, lingkungan, dan sosial.”Untuk penyelenggaraan tahun ini antusias peserta lebih banyak. Dengan demikian, menunjukkan bahwa event tahunan ini banyak diterima di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, bagian umum PDPP Unit Taman Rekreasi Cimalati, Angga mengatakan, ada perbedaan pada pelaksanaan Pasanggiri Mojang Jajaka tahun ini, yakni dipilihnya daerah Utara Sukabumi sebagai tempat pelaksanaan serta konsep panggung berada di luar ruangan atau outdoor. Hal ini menyesuaikan dengan Taman Rekreasi Cimalati yang terkenal dengan kolam renangnya sehingga untuk dekorasi dipusatkan di kolam renang untuk lokasi panggung.”Kami membuat panggung di atas kolam renang nomor satu. Pada pelaksanaannya nanti panggung akan megah dengan permainan lampu-lampu. Kami pun sudah menyediakan tempat untuk tamu undangan VIP, serta dewan juri. Untuk konsepnya kami memilih lingkungan desa karena nanti akan disediakan ratusan lampu obor,” tukasnya. (dri)