Warga Cihanjawar Antre Berobat Gratis

101084

POJOKJABAR.id, NAGRAK – Warga Desa Cihanjawar berbondong-bondong mendatangi Aula Kantor Desa Cihanjawar Kecamatan Nagrak, Kamis (20/8/2015). Mereka datang untuk mengantre menjadi peserta pengobatan gratis yang diselenggarakan PT Soho Global Health bersama UPTD Puskesmas Nagrak. Layanan kesehatan ini merupakan bentuk komitmen program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kepada warga.

Secara tertib warga mengantre di ruangan. Kepada tim medis, warga mengeluh sakit flu dan batuk, hipertensi atau darah tinggi serta nyeri otot, dan pengobatan ini berlaku untuk anak-anak hingga dewasa. “Pengobatan gratis ini dilaksanakan oleh PT Soho Global Health bersama UPTD Puskesmas Nagrak untuk yang ketiga kalinya. Warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan sangat banyak, rata-rata mereka mengeluhkan sakit seperti flu karena kondisi cuaca,” kata Kepala Puskemas Nagrak, Aria Firmansyah.
Ia menambahkan, selain flu, ada juga yang mengeluhkan darah tinggi atau hipertensi, dimana penyakit ini diderita warga yang berusia lanjut. “Untuk penyakit diare tak ada, sebab warga desa sudah tertib dengan lingkungan selalu bersih terutama sanitasinya. Kami berharap melalui kegiatan ini warga dapat hidup sehat dan termotivasi untuk hidup bersih,” jelas Aria.

Kepala Desa (Kades) Cihanjawar, Dodi Rahmat, mengatakan, pengobatan gratis dari PT Soho Global Health ini merupakan hal yang sangat membantu, karena warga mendapat pemeriksaan serta obat-obatan dengan mudah sebab berada di tengah lingkungan warga. “Kami berharap kegiatan ini tak terhenti namun berkelanjutan, karena bidang kesehatan sangat dibutuhkan warga,” ujar Dodi.


Sementara itu, kegiatan pengobatan gratis yang diselenggarakan PT Soho Global Health, perusahaan tersebut menjadikan Desa Cihanjawar sebagai tempat penelitian dan mengembangkan temulawak. Di tempat ini terdapat fasilitas seluas 12 hektare. Dalam penelitian ini, SOHO bekerja sama dengan Departemen Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM) serta mitra internasional seperti Australia dan RSC Pharma membuat laboratorium penelitian dengan nama SOHO Centre of Excellence in Herbal Research (SCEHR). (dri)