Anggaran Paskibra Berkurang

BUBAR JALAN: Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Sukabumi yang telah selesai melaksanakan tugas pengibaran bendera di Alun-alun Palabuhanratu, saat membubarkan diri.

BUBAR JALAN: Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Sukabumi yang telah selesai melaksanakan tugas pengibaran bendera di Alun-alun Palabuhanratu, saat membubarkan diri.

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Sukabumi secara resmi dibubarkan, Selasa (18/8/2015), setelah tugas dan tanggung jawab selesai dilaksanakan. Hanya saja, anggota Paskibra yang terdiri dari 30 siswa SMA hasil seleksi ini langsung pulang ke rumahnya masing-masing, tanpa diberikan reward berupa jala-jalan ke luar kota seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi lantaran anggaran dari pemerintah yang minim.

“Tahun sebelumnya, anggota Paskibra berangkat ke Yogja atau ke mana untuk sekadar melepas ketegangan setelah menjalani latihan yang padat. Namun untuk tahun ini tak ada,” kata Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Dadang Eka.

Ia mengungkapkan, anggaran yang disediakan tahun ini hanya Rp500 juta. Anggaran tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk dari awal penyeleksian, pelatihan, makan, tempat istirahat dan lain sebagainya. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang berjumlah Rp750 juta.

“Persoalan ini tak bisa menyalahkan pihak-pihak lainnya seperti anggota dewan yang berwenang di wilayah itu. Keadaan ini murni kesalahan dinas kami yang tak bisa mem-pertahankan anggaran untuk Paskibra seperti tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Menurut dia, tugas dan tanggung jawab anggota Paskibra patut mendapat apresiasi sebab jika tak ada maka bendera merah putih tak akan berkibar. Meski demikian, ada reward yang kini sedang diupayakan oleh Sekda Kabupaten Suka-bumi.

“Saya mohon maaf, sejauh ini belum ada anggaran untuk mereka namun katanya pak sekda akan mengupayakan untuk itu, dan mudah-mudahan bisa terealisasi,” tukasnya. (cr3/dep)

Feeds