Tahun Depan, PNS Gajian 14 Kali

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, SUKABUMI- Ada Kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun depan atau 2016 mendatang. Pasalnya, pemerintah pusat baru-baru ini mengeluarkan kebijakan yang isinya akan memberikan tunjangan hari raya (THR) untuk PNS. Ternyata kabar tersebut disambut baik oleh Walikota Sukabumi M Muraz, namun Pemerintah Kota Sukabumi belum mengetahui secara detail teknis pengalokasian untuk anggaran tersebut.

“Ya kita dukung kebijakan pemerintah pusat tersebut apalagi selama ini pemberi-kan THR itu tak diperkenankan, kita tunggu saja aturannya,” ujarnya usai menghadiri upacara HUT RI ke-70, kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu), Senin (17/8/2015).

Teknis aturan pengalokasian anggaran nanti akan disesuaikan dengan pemerintah pusat. Jika anggaran THR itu tidak ada alokasi di pusat, tentu saja Pemerintah Kota Sukabumi harus segera mengalokasikannya sebab aturan tesebut akan dimulai pada tahun 2016.

“Kalau dari anggaran pemerintah berarti akan dianggarkan di APBD murni tapi saya berharap ada alokasi ang-garan dari pemerintah pusat,” ungkapnya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Hanafie Zain memberikan apresasi atas kebijakan pemerintah pusat yang akan memberikan THR bagi PNS. Namun Hanafie akan melihat dulu formasi alokasi anggarannya. Artinya, apakah akan dialokasikan dalam APBN atau dari APBD.

“Ya ini merupakan atensi dari pemerintah pusat yang ingin memberikan kesejahteraan bagi para PNS, nanti kita ikuti saja aturannya seperti apa,” jelasnya.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah tersebut menjelaskan jumlah PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi mencapai sekitar 5.200 orang. Jika anggaran-nya akan dibebankan kepada pemerintah daerah, mau atau tidak mau, lanjut Hanafi e, dari sekarang harus sudah mulai dipersiapkan untuk alokasi 2016. Tapi, Hanafi berharap anggarannya bisa disubsidi dari pemerintah pusat.

“Saya kira pemerintah pusat pun sudah memikirkan kebijakan ini sesuai dengan kemampuan daerah. Jika dari pusat biasanya dari dana alokasi umum (DAU), kalau tidak kita harus susun berapa alokasi anggaran yang diperlukan untuk THR PNS di Kota Sukabumi,” pungkasnya. (bal/dep)