Jalan Curuguncal Masih Berbatu

MIRIP SUNGAI KERING: Jalan yang menghubungkan Kecamatan Cibeber dan Warungkondang belum pernah diperbaiki dalam kurun waktu lima tahun.

Ilustrasi

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Akses jalan di Kampung Curuguncal Desa Cihaur Kecamatan Simpenan dalam kondisi memprihatinkan. Jalan yang membentang sepanjang sekitar sepuluh kilometer ini menjadi penyambung Kecamatan Simpenan dengan Kecamatan Ciemas. Meski menjadi akses satu-satunya, namun hingga kini belum tersentuh pengaspalan. Keadaan buruknya sarana infrastruktur ini sangat terasa oleh warga yang sedang sakit atau ibu hamil.

Pasalnya, sejumlah kasus kematian anak terjadi karena ibu hamil telat mendapatkan tindakan sebab terkendala kerusakan jalan.

“Sebelum ibu yang melahirkan mendapatkan penanganan, bidan yang bertugas lama sampai ke tujuan karena akses jalan yang jelek serta jauh,” ujar Kaur Ekbang Desa Cihaur, Saprudin.

Menurut dia, pengajuan dari pemerintah desa mengenai kerusakan jalan sudah berulang kali dilakukan tapi tak pernah ada tindakan. Adapun saat ini anggaran dari desa tak dapat menutupi kebutuhan untuk sarana jalan, sebab anggaran seperti alokasi dana desa (ADD) hanya bisa untuk memadatkan jalan saja.

“Kami kesulitan membangun desa karena minimnya bantuan ke desa kami. ADD masih sekitar pada pembangunan yang berskala kecil seperti bangunan fisik PAUD, jembatan kecil, rehab kantor desa termasuk untuk kesehatan. Kami berharap adanya per-hatian pemerintah kabupaten dan pusat mengenai kondisi infrastruktur saat ini,” tandasnya. (cr3/dep)

Feeds