Bah Cahya Usulkan Nama Jabar Diganti dengan Ini

Abah Cahya
Abah Cahya
Abah Cahya

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Salah satu tokoh Kota Bandung, Abah Cahya, mendukung terkait wacana pengusulan adanya perubahan nama Jawa Barat menjadi nama yang sesuai dengan budaya Sunda. Menurutnya, pengusulan dilakukan agar nama dan kondisi saat ini sesuai. Bahkan, dengan bermodalkan alasan Jawa Barat tidak lagi berdampak positif. Prestasi provinsi barat Pulau Jawa semakin menurun.

Menurut pria yang pernah menduduki jabatan Direktur Bank Mandiri itu memberikan saran dengan nama pengganti yang baru ‘Parahyangan’.

“Nama Parahyangan ini jelas asal muasalnya, nama sebutan bagi pulau yang mayoritasnya masyarakat Sunda. Yakni sebelum menjadi nama Jawa Barat,’’ ujarnya saat berkunjung ke tempat-tempat sejarah di Kota Sukabumi, Rabu (12/8/2015).

Dikatakan Abah, diakuinya memang akhir-akhir ini sejumlah media massa baik online maupun cetak gencar dengan segera adanya pergantian nama. Alasan ia memilih nama Parahyangan tidak lain bahwa sudah saatnya masyarakat yang bermayoritas Sunda ini kembali seperti semula.


“Nama Jawa Barat kan panggilan dari waktu zaman penjajahan dulu oleh VOC. Sekarang sudah terbebas dari penjajahan, maka sudah sepantasnya diganti kembali,” terangnya.

Di samping itu, saat menjadi nama Jawa Barat itu memang posisinya berada di wilayah barat. Namun, dikarenakan sekarang sudah tidak berada di bagian barat lagi, pantas jika perubahan nama tersebut dipercepat.

“Dilihat secara aspek geografis saja, wilayah Jawa Barat kan sudah tidak lagi menunjukkan letak Jawa paling barat karena ada Banten,” kata Abah. (lan/dep)