Amankan Pilkada 2015, Ini yang Disiapkan Kapolres Sukabumi

ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Mendekatnya pengumuman calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Sukabumi periode 2015-2020 yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi membuat jajaran kepolisian tidak mau lengah.

Rencananya, Kapolres Sukabumi, AKBP Muhammad Ridwan bakal mengerahkan lebih dari 623 personel dalam mengamankan jalannya kampanye, pencoblosan hingga pengumuman pemenang pilkada.

“Kami mengimbau, setelah penetapan dan pengumuman pasangan cabup dan cawabup, masing-masing kandidat, partai pendukung dan tim suksesnya agar bisa menjalankan sosialisasinya tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan,” imbau Ridwan kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu), Kamis (13/8/2015).

Perwira pangkat dua bunga melati emas di pundaknya itu juga mengancam kandidat atau tim sukses yang melakukan kecurangan dalam pesta demokrasi. Terlebih jika kecurangan, penghinaan atau pengrusakan tersebut bisa dibuktikan. Maka, pihaknya tidak segan akan memproses masalah tersebut.


“Semua berharap pilkada ini bisa meng-hasilkan pemimpin yang lebih unggul. Maka sosialisasinya pun harus dengan cara yang baik,” tambahnya.

Selain itu, dirinya sudah menginstruksikan kepada anggotanya untuk turut serta mengawasi praktik money politik. Lantaran masuk dalam tindakan pidana, kasus tersebut jelas akan ditindak tegas.

“Kami berharap, pilkada kali ini bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Jika ada permasalahan silakan diadukan melalui sarana yang sudah disediakan seperti Panwaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Mah-kamah Konstitusi (MK) atau kepada pihak kepolisian sesuai dengan pelanggarannya, apakah menyangkut administrasi atau pidana,” tukasnya. (ryl/dep)