Dinkes Tambah Unit Mobil Pusling

Ambulans baru yang akan difungsikan sebagai mobil pelayanan puskesmas keliling (pusling).
Ambulans baru yang akan difungsikan sebagai mobil pelayanan puskesmas keliling (pusling).
Ambulans baru yang akan difungsikan sebagai mobil pelayanan puskesmas keliling (pusling).

POJOKJABAR.id, CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi kini sedang menunggu turunnya sembilan unit mobil ambulans baru yang akan difungsikan sebagai mobil pelayanan puskesmas keliling (pusling) untuk masyarakat pedesaan. Di samping itu, ambulans tersebut akan menggantikan unit yang sudah rusak di sejumlah puskesmas.

“Dengan adanya tambahan sembilan mobil ini pelayanan kesehatan untuk masyarakat pedesaan akan semakin maksimal. Semua masyarakat pedesaan dapat terlayani dengan baik serta dapat memenuhi kebutuhan akan kesehatan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id), Selasa (11/8/2015).

Ia menambahkan, anggaran bantuan pengadaan mobil pusling bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) APBN.

“Untuk satu unit ambulans itu harganya Rp 200 juta, jenis mobilnya Suzuki APV,” jelas Didi.


Didi mengatakan, sembilan unit mobil ambulans ini akan diberikan kepada sembilan puskesmas yang tidak memilikinya. Terutama bagi daerah yang secara teritorial memiliki cakupan wilayah yang begitu luas, hanya saja untuk puskesmas penerima belum diketahuinya.

“Kalau mobilnya sudah ada baru data penerimanya dipastikan. Tapi yang menjadi skala prioritas kami yaitu puskesmas yang tidak memiliki mobil pusling atau mobil puslingnya yang sudah rusak. Saat ini dari data terdapat 20 unit ambulans yang rusak baik ringan atau parah. Namun kami berharap satu kecamatan itu memiliki dua ambulans,” terangnya.

Meski demikian, Didi berharap kekurangan tersebut dapat mengantisipasi kebutuhan yang ada mengenai fasilitas. Sehingga dengan adanya ambulans dapat memberikan peningkatan dan pelayanan maksimal.

“Pelayanan kesehatan semakin ditingkatkan serta semakin dimaksimalkan untuk masyarakat pedesaan Kabupaten Sukabumi. Agar dapat meningkatnya IPM Kesehatan Kabupaten Sukabumi,” tukasnya.(cr5/dep)