Penghuni Kosan Didata Polisi

Kosan didata polisi guna mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan.
Kosan didata polisi guna mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan.
Kosan didata polisi guna mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan.

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan di Kecamatan Cikembar, Polsek Cikembar menyelenggarakan program identifikasi dan registrasi penghuni kosan (IRPK).

Sedikitnya, dalam tahapan pertama sudah ada 500 orang lebih penghuni kosan yang terdaftar. Kapolsek Cikembar, AKP Djoko Supono mengatakan, Kecamatan Cikembar merupakan kecamatan yang berpotensi banyaknya pendatang.

Mengingat, di Kecamatan Cikembar terdapat perusahaan yang dapat menyerap ribuan tenaga kerja.

“Untuk meminimalisir tingkat kejahatan di wilayah Cikembar, kami berupaya menciptakan terobosan baru. Salah satunya dengan melakukan registrasi terhadap pen-datang yang mendiami kosan,” ujar Djoko Supono saat memasang kartu registrasi di salah satu kosan Kampung Pasirgaling RT 03/03 Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar, Kamis (6/8/2015).


Dikatakan Djoko, dalam program tersebut, identitas penghuni kosan akan dapat diketahui. Baik asal muasal maupun perilaku kesehariannya. Sehingga, jika kemudian hari terjadi tindak kejahatan, petugas akan dengan mudah men-getahui siapa yang menjadi pelakunya.

“Bahkan kalau ada pihak keluarga yang mencari sanak saudaranya, program ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencarinya. Karena, secara jelas identi-tas seluruh penghuni kosan akan diketahui,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, masih kata perwira pangkat tiga balok itu, setiap penghuni kosan yang sudah terdaftar identitas diri berikut fotonya akan dipasang di pintu kosan. Di situ, baik petugas kepolisian maupun aparat pemerintah setempat akan dengan mudah menge-tahui para penghuni kosan tersebut.

“Kalau pun ada yang pin-dah dan baru penghuninya, maka akan diregistrasi oleh petugas. Ini tentunya dalam upaya mengidentifikasi secara dini tindak kejahatan dan gangguan keamanan di wilayah Cikembar,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Kaur Ekbang Desa Bojongkembar, Nuralimin mengapresiasi atas program yang digagas Polsek Cikembar tersebut. Pasalnya, dengan upaya identifikasi dan
registrasi penghuni kosan tersebut, setidaknya pemerintah desa terbantu mengetahui siapa penduduk pendatang maupun pribumi.

“Ini sangat jelas membantu kami. Selain kami mengetahui para pendatang baru, juga ini upaya antisipasi tindak kejahatan. Semoga program ini men-jadi program utama kepolisian yang akan diterapkan ke daerah lainnya,” singkatnya.

Sementara itu, Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat Desa Bojongkembar, Agus Setiawan menambahkan, selain manfaatnya yang telah disebutkan pihak desa, juga manfaat lainnya untuk mendekatkan pihak kepolisian dengan masyarakat. Hal ini menjadi bukti, sebelum kejadian hal yang tidak diinginkan, polisi telah melakukan upaya pencegahan.

“Kami berharap, program ini menjadi jalan lebih dicintainya polisi oleh masyarakat. Karena sedini ini, petugas telah melakukan pencegahan,” tukasnya. (ren/dep)