Ini 9 Titik Macet Jalur Sukabumi-Ciawi Paling Menyebalkan

MACET : Arus kendaraan di jalur Cibadak, Kabupaten Sukabumi terganggu lantaran pawai kenaikan kelas.

Jalur Cibadak, salah satu titk kemacetan parah di lintasan Sukabumi-Ciawi.

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Jalur Ciawi-Sukabumi atau sebaliknya layaknya jalur neraka saat musim mudik dan balik. Melintasi jalur ini, pengemudi harus mampu berperang dengan emosinya sendiri. Maklum, jalur ini selalu mengalami kemacetan parah, terlebih musim Lebaran.

Pantauan H+ Lebaran, antrean panjang mengular hingga sepanjang 10 KM dari jalur Parung Kuda hingga Simpang Cidahu. Kendaraan roda empat dan dua mendominasi jalur ini. Ada pula mobil-mobil bak terbuka yang mengangkut penumpang.

“Puncak arus balik mulai terlihat sejak kemarin (Minggu, 19 Juli 2015). Tapi puncaknya besok karena Rabu karyawan sudah harus bekerja,” kata Kanit Turjawali Polres Sukabumi, Ipda Suwaji.

Kata Suwaji, jalur yang harus diantisipasi kemacetannya, yakni jalur Parung Kuda hingga Simpang Cidahu dan depan Pasar Cicurug.

Setidaknya ada sepuluh titik kemacetan di Jalur Sukabumi-Ciawi. Catatan Pojoksatu.id, titik kemacetan di jalur Sukabumi-Ciawi atau sebaliknya itu:

1. Pertigaan Telukpinang, Ciawi
Kemacetan kerap terjadi di lokasi, utamanya pukul 06.00 hingga 21.00. Pertigaan ini menjadi lintasan kendaraan dari Sukabumi  atau Ciawi yang harus berbagi jalan dengan kendaraan dari Tapos.

2. Pertigaan Cimande
Kendaraan keluar atau masuk ke Cimande lumayan banyak, ditambah banyaknya ojek dan penyebrang jalan. Kendaraan dari arah Ciawi atau Sukabumi pun harus mau berbagi jalan dengan mereka.

3. Pertigaan Cikereteg
Kondisi pertigaan ini sama dengan Telukpindang dan Cimande. Pengemudi dari Ciawi atau sebaliknya kembali harus mau berbagi jalan pada kendaraan yang ingin keluar atau masuk.

4. Pasar Caringin
Lokasi pasar ini berada di pinggir jalan utama. Banyak lalulalang kendaraan keluar dan masuk pasar, banyak ojek, dan banyak penyebrang jalan.

5. Pasar Cicurug
Ini lokasi ‘neraka’ lalulintas di jalur Ciawi-Sukabumi. Kemacetan di lokasi ini tak kenal waktu, apalagi pada musim mudik dan balik Lebaran ini. Polisi pun kerap kewalahan mengatasi kemacetan di sini.

6. Pertigaan Cidahu
Keluar masuk angkutan kota di pertigaan ini luar biasa banyak. Belum lagi penyebrang jalan dan penumpang yang menunggu angkutan. Pada hari biasa, di pertigaan ini banyak truk pengangkut air minum dalam kemasan yang keluar masuk.

7. Pasar Parungkuda
Kemacetan di pertigaan ini relatif ‘sederhana’ dibanding lokasi lainnya. Kemacetan terjadi pada waktu tertentu saja. Namun, kemacetan di lokasi ini bakal sangat ‘menyakiti hati’ ketika musim Lebaran.

8. Pasar Cibadak
Banyak angkot yang berhenti sembarangan untuk menunggu penumpang menjadi penyebab kemacetan di titik ini.

9. Pertigaan Cibaraja Cisaat
Pertigaan ini menjadi akses keluar masuk kendaraan yang lumayan banyak. Pada hari biasa, kemacetan di lokasi ini sering terjadi pada pagi hari dan siang.

(kan/ps)

Feeds