16 Peserta UN Undurkan Diri

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Karena pindah rumah, 16 peserta ujian nasional (UN) SMP yang telah terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Sukabumi mengundurkan diri. Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana UN Dinas P dan K Kota Sukabumi, Mulyono.

Kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id), Mulyono menjelaskan, ke-16 peserta UN SMP tersebut berasal dari 16 sekolah yang telah terdaftar dalam UN 2015 ini.

“Mereka yang mengundurkan diri itu dikarenakan berbagai alasan, namun yang jelas mayoritas dari mereka lantaran orang tuanya pindah rumah ke luar Kota Sukabumi. Otomatis mereka ikut pindah,” beber Mulyono, kemarin (6/5).

Pengunduran diri tersebut, masih kata Mulyono, dilakukan jauh sebelum pelaksanaan UN dimulai. “Sehingga nomor dan daftar peserta ujiannya masih ada,” ulasnya.

Menurutnya, terkait dengan status para peserta yang mengundurkan diri sudah menjadi tanggung jawab Dinas P dan K tempat di mana mereka pindah.

“Jadi tidak ada kaitan sama sekali dengan Dinas P dan K Kota Sukabumi. Jika memang ingin mengikuti UN, maka sesuai kebijakan pendidikan pusat mereka yang telah mengundurkan diri itu tidak bisa mengikuti UN tahun ini, melainkan tahun depan,” tegasnya.

Sementara itu, hingga hari ketiga pelaksanaan UN SMP di Kota Sukabumi, kemarin, Mulyono mengaku tidak menemukan masalah. “Alhamdulilah tidak ada kendala dalam pendistribusian, sehingga pelaksanaannya tepat waktu,” urainya.

Dirinya mengimbau kepada semua pengawas, tetap memantau para peserta ujian, meski UN tidak menjadi syarat kelulusan.

“Semoga UN lancar sampai selesai, dan tepat waktu,” harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 4.604 pelajar SMP/MTs dari 38 SMP negeri dan swasta, serta 25 MTs negeri dan swasta Kota Sukabumi terdaftar menjadi peserta UN yang diselenggarakan selama empat hari mulai Senin (3/5). Ada empat mata pelajaran yang diujikan yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan untuk Kabupaten Sukabumi tercatat sebanyak 43.422 pelajar SMP/MTs menjadi peserta UN kali ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurahman melakukan monitoring pelaksanaan UN untuk memastikan pelaksanaan UN sesuai dengan apa yang sudah diagendakan. Bahkan, dirinya ingin mengulang kesuksesan penyelenggaraan UN terbaik. “Kabupaten Sukabumi mendapatkan peringkat kelima untuk prestasi kabupaten terjujur dalam pelaksanaan UN,” singkatnya. (cr4/dep)

Feeds