Peduli Lingkungan, Warga Turun ke Jalan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk tetap menjaga keindahan lingkungan sekitarnya, baik secara perorangan, maupun kelompok. Sikap tersebut tentunya menjadi kewajiban setiap orang agar lingkungan yang ditinggali memberikan efek positif. Hal itu pula yang coba diterapkan oleh warga Jalan Tubagus Abdullah RW 08, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi atau yang biasa disebut kawasan Gang Karimin.

Usai mendapat bantuan berupa pot bunga, tanaman dan cat tembok yang dihibahkan pemerintah sebagai realisasi program kelurahan hijau, warga bersama satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), bergotong royong menata lingkungannya seindah mungkin. Masyarakat pun merespon baik kegiatan tersebut.

Saat ditemui, Ketua RW 08, Yayan Rucita mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat maupun pihak lainnya yang peduli terhadap lingkungan, khususnya lingkungan yang berada di sekitarnya
.
“Mudah-mudahan masyarakat lebih terangsang untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Saya juga berharap dengan program ini, masyarakat akan merasa dilibatkan dalam membangun lingkungan. Dahulu di Gang Karimin ini sejuk dan asri, sekarang agak gersang. Karena itu mau kami kembalikan Gang Karimin ini menjadi kawasan yang indah, asri dan enak dipandang. Apalagi hari Kamis (7/5) nanti, akan ada lomba posyandu yang datang ke sini akan disuguhi suasana yang enak dipandang,” beber pria yang akrab disapa Yandri ini.

Di tempat yang sama, Ketua Pemuda RW 08, Edward Prasetyo menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan kerja bakti tersebut dari April lalu bersama warga lainnya secara bergantian. Dari mulai pemasangan pot bunga, penataan tanaman, hingga pengecatan dinding pun sudah hampir selesai. “Tapi ada yang kurang, saya harap akses jalan juga diperbaiki. Ini aspalnya sudah bolong-bolong. Kalau hujan, ada mobil lewat kena jalan bolong tersebut, otomatis pot, tanaman dan dinding yang baru kami poles jadi kotor lagi. Karena itu pada pihak terkait, kami minta supaya cepat direspon dan diberi solusi yang konkret,” harapnya.


Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Cikole, Asep Koswara, menuturkan, apresiasinya terhadap kerja bakti warga Gang Karimin tersebut. “Sebagai aparat pemerintah, kami merasa bangga. Partisipasi dan sinergitas warga semacam ini yang kami harapkan dalam rangka membangun Kota Sukabumi,” tuturnya.

Masih kata Asep, pihaknya berharap kegiatan semacam ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi warga yang ada di kawasan Kota Sukabumi lainnya. “Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada RW, pemuda dan masyarakat Gang Karimin,” imbuhnya. (cr6)