675 Pendaftar PPK Didominasi Muka Baru

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Tak kurang dari 675 orang dari 47 Kecamatan Kabupaten Sukabumi melakukan pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Kabupaten Sukabumi, yang ditutup pada Senin malam (27/4) lalu. Rata-rata pendaftar merupakan muka baru. Adapun yang lama merupakan panitia yang baru ikut dalam satu kali pelaksanaan pemilu.

“Kami sudah tutup pendaftaran dan hasilnya yang ikut itu sebanyak 675, peminatnya sangat banyak,” ungkap Ketua KPUD Kabupaten Sukabumi, Dede Haryadi kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksat.id), di Kantor KPUD, Kompleks GOR, Cisaat, Selasa (28/4).

Dede menuturkan, peserta ini merupakan orang baru. Adapun yang sudah menjadi panitia ialah yang baru satu kali pelaksanaan, mereka dapat ikut karena mendapat ruang melalui surat edaran Nomor 183/KPU/IV/2015.

“Seperti dalam PKPU saat ini yang menjabat sebagai PPK, PPS dan KPPS harus orang baru. Namun ada penjelasan tentang hal tersebut yang tercatat dalam surat edaran itu,” terangnya.


Menurut dia, peserta yang sudah masuk akan diverifikasi kelengkapan administrasinya, yang melingkupi persyaratan kelayakan mulai dari usia hingga ijazah.

“Dari verifikasi ini akan diketahui latar belakang peserta, dari partai atau bukan atau dari anggota sebuah organisasi,” ungkapnya.

Masih dikatakan Dede, tahapan ini akan berlanjut ke tanggal 4 Mei, yakni seleksi tes tulis. Peserta dikerucutkan menjadi sepuluh orang per kecamatan dan tahap terakhir itu wawancara atau interview. Lalu yang diambil hanya lima orang anggota saja per kecamatan.

“Hanya lima orang tiap kecamatan yang akan dilantik dan diberi SK pada 13 Mei. Masa SK ini selama tujuh bulan,” tukas Dede. (dri/dep)