KAMMI ‘Warning’ Jokowi Soal Palestina

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Cabang Kota Sukabumi mewarning Presiden Jokowi untuk tidak lupa akan kebebasan rakyat Palestina di Konferensi Asia Afrika di Bandung. Seruan tersebut dilakukan dengan aksi solidaritas di Bundaran Adipura hingga menuju DPRD Kota Sukabumi, kemarin (24/4). Meski sempat diguyur hujan tetapi para aktivis tetap semangat berjalan menelusuri jalan sambil menyuarakan ‘Palestina selamatkan, Israel hancurkan’ dengan membawa spanduk dan bendera Palestina.

Menurut Ketua Umum PD KAMII Sukabumi, Rezkia Bakti Negara, peringatan KAA ini bisa dijadikan momentum menyatukan suara bangsa-bangsa yang tergabung dalam KAA untuk bersuara lantang menyuarakan Palestina merdeka. Selain itu menagih janji Jokowi saat kampanye untuk berperan serta aktif dalam upaya kemerdekaan Palestina.

“Kekejaman Israel atas Palestina bukan hanya soal agama namun juga menjadi masalah pelanggaran internasional terhadap hak asasi manusia (HAM). Sebagai rakyat Indonesia yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, jadi mari kita bergerak serukan merdeka Palestina,” ujarnya.

Tak hanya itu dalam pernyataan sikapnya, mengajak kepada masyarakat dan seluruh elemen bangsa untuk menjadi garda terdepan dalam membela kemerdekaan Palestina. Pasalnya, KAMMI menganggap Palestina merupakan negerinya para nabi maka wajib untuk terus menyuarakan bangsa Palestina. “Israel yang menghancurkan Palestina harus diberi sanksi tegas dan Jokowi harus bisa mendorong itu melalui KAA,” ujarnya.


Sementara itu, Menurut Anggota DPRD Kota Sukabumi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sihabudin, memberikan apresiasi yang tinggi kepada KAMMI atas aksinya tersebut meskipun dalam kondisi cuaca hujan. Dirinya sepakat dan sehati dengan seruan Pemerintah Indonesia untuk terus mendorong kemerdekaan Palestina.
“Pemerintah agar secara konsisten terus mengkampanyekan kemerdekaan Palestina ini di forum-forum internasional dan ikut bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam kerja besar menuntut kemerdekaan bangsa Palestina,” ujarnya saat menemui aksi KAMMI di DPRD Kota Sukabumi, kemarin.

Dalam aksinya, perwakilan aktivis KAMMI masuk ke ruangan DPRD Kota Sukabumi untuk mengirim faks mengenai tuntutan mereka ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (Bal/dep)