Pejuang Susukebo Desak Gabung ke Pemkot

DPRD sukabumi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Perwakilan masyarakat Sukaraja, Sukalarang, Kebonpedes (Susukebo) melakukan dengar pendapat (hearing) dengan Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintah DPRD Kota Sukabumi, kemarin (23/4).

Dalam hearing tersebut, mereka menyampaikan aspirasinya untuk segera bisa bergabung dengan Pemerintah Kota Sukabumi.

Ketua Susukebo, Icha Widiarsyah mengatakan, harapan tersebut sebenarnya sudah disampaikan sejak sepuluh tahun silam. Kini, pihaknya berkesempatan untuk kembali menyampaikan harapan itu melalui DPRD Kota Sukabumi. Ia juga mengaku berterima kasih kepada DPRD Kota Sukabumi yang telah merespon apa yang menjadi keinginan masyarakat Susukebo untuk bisa bergabung ke Pemkot Sukabumi.

“Sekarang kami meminta kejelasan kepada Pemkot Sukabumi. Apakah mau menerima atau tidak Susukebo bergabung ke Pemkot Sukabumi. Apalagi Kota Sukabumi membutuhkan perluasan wilayah dan penambahan penduduk. Kalau mau coba sama-sama perjuangkan,” tandas Icha.

Ia menyebutkan, sebenarnya kebutuhan antara masyarakat Susukebo dengan Pemkot Sukabumi benar-benar saling keterikatan. Kota Sukabumi berharap perluasan wilayah dan penambahan penduduk, sedangkan Susukebo bercita-cita bisa bergabung ke Pemerintahan Kota Sukabumi.

“Jadi, Susukebo menjadi solusi untuk menjawab keinginan Pemkot Sukabumi. Mari kita beriringan, berjalan bersama-sama untuk mewujudkan Susukebo bergabung ke Pemkot Sukabumi,” desaknya.

Gayung bersambut, Ketua Komisi I DPRD Kota Sukabumi, M Faisal Anwar langsung menganggukan kepala seraya menyampaikan persetujuannya. Terlebih, kata Faisal, Pemkot dan Pemkab Sukabumi sudah melakukan kerja sama untuk saling mensejahterakan masyarakat kedua belah pihak.

“MoU (Memorandum of Understanding) itu mengingat demi kesejahteraan masyarakat. Masyarakat Susukebo menginginkan utuk bergabung ke Kota Sukabumi. Kota Sukabumi membutuhkan penambahan luas wilayah dan penambahan jumlah penduduk. Ini benar-benar klop. Susukebo bisa menjadi solusi untuk Kota Sukabumi. Keinginan pemkot dan Pemkab bekrja sama untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Masih kata Faisal, pihaknya berencana akan segera mengagendakan untuk bertemu dengan DPRD Kabupaten Sukabumi, untuk pembahasan mengenai Susukebo.

Senada dikatakan Wakil Ketua Komisi I, Bambang Herawanto. Menurutnya, aspirasi masyarakat Susukebo secepatnya segera ditindaklanjuti.

“Ini aspirasi yang patut kita perjuangkan. Kita sekarang tau, tujuan dan harapan serta kenginan masyarakat Susukebo untuk bergabung ke Kota Sukabumi yang sudah sepuluh tahun meraka gelorakan,” bebernya.

Ia juga mengaku, pihaknya akan meminta Walikota Sukabumi untuk membuat tim khusus (Timsus) penanganan Susukebo bergabung ke Kota Sukabumi.

“Komisi I terlibat di dalam Tim tersebut. Tujuannya, keinginan kedua belah pihak agar segera bisa terakomodir serta terealisasikan. Kan tujuannya semuanya untuk kesejahteraan bersama,” imbuhnya.

Hearing tersebut juga dihadiri Sekretaris Komisi I, Hermansyah, dan anggotanya Iwan Adhar Ridwan.(cr5/dep)

Feeds