Butuh Bantuan, Rumah Ajiji Nyaris Roboh

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Rumah warga milik Ajiji (53) yang beralamat di pinggir kali Kampung Cibeureum RT 05/06 Desa Cikurutug Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi, nyaris roboh. Kendati dari depan masih terlihat mulus dan rapi, namun rumah itu sudah ditopang dua batang bambu sebagai penyangga.

Saat ditemui Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id), Ajiji berharap dirinya mendapatkan program rumah tidak layak huni (Rutilahu). Lantaran, ia merasa, anak dan istrinya terancam oleh bangunan rumahnya.

“Rumah saya sudah hampir roboh. Ketika hujan turun kami selalu merasa khawatir. Setiap malam kami diselimuti ketakutan rumah yang kami tempati bersama keluarga tiba-tiba roboh,” akunya.

Tokoh Pemuda Cikurutug, Misbah berharap, Pemerintah Kabupaten Sukabumi agar segera membantu warganya yang benar-benar membutuhkan bantuan itu.

“Rumah milik Pak Ajiji ini, butuh penanganan cepat,” pintanya.

Sementara Sekretaris Desa Cikurutug Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi, Muhammad Rifai mengatakan, program perbaikan Rutilahu merupakan bagian dari program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH). Diperuntukan untuk keluarga yang memiliki rumah yang benar-benar memprihatinkan.

“Ada dua rumah yang kami ajukan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, salah satunya rumah milik Pak Ajiji yang berada di Kampung Cibeureum RT 05/06,” Akunya.

Masih kata Rifai, sejauh ini belum ada perkembangan yang pasti mengenai kapan program Rutilahu tersebut akan direalisasikan,

“Baik dari Pemkab Sukabumi maupun dari Baznas Kabupaten Sukabumi belum ada kejelasan,” terangnya seraya berharap program tersebut segera direalisasikan.(cr5/dep)

Feeds