Boles Bakal Meriahkan KAA

Kesenian olahraga bola lengen seune (Boles)

Kesenian olahraga bola lengen seune (Boles)

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Kesenian olahraga bola lengen seune (Boles) yang berasal dari Kota Sukabumi direncanakan akan memeriahkan dan berpartisipasi dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Kota Bandung. Saat ini, Pemerintah Kota Sukabumi mendelagasikan sebanyak 65 orang untuk ikut memeriahkan di acara bergengsi tersebut. KAA yang digelar pada hari Jumat (24/4) mendatang, rencananya akan diramaikan oleh berbagai penampilan dari berbagai daerah khususnya di Jawa Barat.

Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, Kota Sukabumi diberikan kepercayaan untuk menampilkan seni dan budaya dalam kegiatan tersebut di antaranya penampilan seni tari dari catrikpalagan, dua pakaian buatan Desaigner lokal SMK Pelita Kota Sukabumi dan kesenian olahraga Boles. Ini kesempatan kita untuk mempromosikan kesenian yang dimiliki oleh Kota Mochi ini.

“Penampilan catrik palagan dalam pembukaan muswil III apeksi sementara Boles dan dua pakaian seni tampil saat pagelaran seni dan budaya,” ujar Fahmi kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id).

Kesenian Boles itu merupakan kesenian tradisional khas Kota Sukabumi yang belum pernah diperkenalkan oleh daerah lain. Olahraga tradisonal ini sudah banyak diminati oleh bangsa lain. Bahkan, beberapa turis mancanegara yang mengetahui permainan Boles sengaja datang ke Kota Sukabumi untuk memperlajari dan menggali.

“Jadi wajar jika kita diminta untuk menampilkan kesenian ini di hadapan negara-negara lain bahkan yang turunnya yaitu sejumlah sekmat dan lurah-lurah,” terangnya.

Fahmi mengapresiasi keterlibatan delegasi dari Kota Sukabumi itu. Hingga ke depan, seni dan budaya dari Kota Sukabumi lebih dikenal luas. “Selain berpartisipasi untuk menyukseskan peringatan KAA, tujuan lainnya yaitu kita ingin agar Kota Sukabumi lebih dikenal oleh masyarakat luas, tak hanya di Jawa Barat dan Indonesia saja, tapi juga oleh masyarakat internasional,” tukasnya. (bal/dep)

Feeds