Catatan ‘Hitam’ KPU Purwakarta

Para Komisioner KPU Purwakarta Priode tahun 2018 -2023.

Para Komisioner KPU Purwakarta Priode tahun 2018 -2023.


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Masa kelam KPU Purwakarta hingga menorehkan cacatan hitam terjadi pada tahun 2014, dimana komisioner dan fungsional KPU menjadi terdakwa kasus korupsi.

Seperti diketahui, cacatan hitam kpu tersebut akibat tersandung anggaran milyaran rupiah yang tidak bisa di pertanggungjawabkan.

Dari belasan milyar anggaran yang dikelola kpu, 1,3 milyar diantaranya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Akibatnya 4 orang menjadi terdakwa.

Dari mulai berdirinya KPU hingga saat ini, kejadian tersebut merupakan catatan terburuk untuk KPU Purwakarta.

Setelah aparat penegak hukum secara marathon melakukan pemeriksaan dana tahun anggaran 2003-2008, hingga ditemukan kerugian negara mencapai 1,3 Milyar.

Kemudian puncaknya pada tahun 2014 ke empat orang yang berkantor di KPU menjadi terdakwa, duduk di kursi panas pengadilan untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang dikorupsinya.

 

Bagaimana dengan KPU sekarang?

Sudah separuh jalan masa jabatan para komisioner KPU yang sekarang, masih terlihat adem ayem tidak ada gejolak berarti kemungkinan mereka akan mengakhiri masa tugasnya dengan mulus.

Namun, masih ada catatan yang mesti harus segera diselesaikan oleh penyelenggara pemilu tersebut. Yaitu berkaitan dengan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Hingga saat ini, sudah berbulan-bulan salah satu anggota DPRD Purwakarta yang meninggal dunia belum juga dilakukan PAW.

Tentu saja ini menjadi catatan tersendiri, karena satu suara anggota DPRD sangat berpengaruh dalam setiap mengambil keputusan untuk dijadikan sebuah kebijakan.

Karena negara kita merupakan negara Demokrasi, setiap keputusan penting yang akan diambil di gedung parlemen dengan suara terbanyak.

Hingga berita ini diturunkan, ketua komisioner KPU Purwakarta saat dihubungi via selullernya tidak pernah diangkat.

Bahkan pesan singkat yang dikirimkanpun untuk sekedar konfirmasi dan klarifikasi masalah PWA tidak direspon oleh ketua KPU. (Adw/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds