3.256 Guru Honor di Kabupaten Purwakarta Diajukan Jadi PPPK

 guru (ilustrasi)

guru (ilustrasi)


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan bakal mengajukan 3.256 guru honor ke pemerintah pusat yang akan diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan, jumlah pengajuan tersebut sesuai dengan kebutuhan guru di sekolah saat ini, dengan rincian tingkat SD Negeri 1.886 dan SMP Negeri sebanyak 1.370 guru honor.

”Nantinya pemerintah pusat yang akan memutuskan kuota untuk di Kabupaten Purwakarta. Sementara kita ajukan sesuai kebutuhan,” ujar dia.

Ia menjelaskan, pengajuan ini berdasarkan hasil rapat dan daerah diminta mengajukan kuota yang akan diangkat menjadi PPPK. Sebab, saat ini sistem penggajian yang sebelumnya dibebankan ke daerah berubah dan akan ditanggung pemerintah pusat.

”Kalau dulu kan PPPK itu diserahkan ke daerah tapi karena daerah tidak mampu kita tidak ngangkat. Dengan aturan baru ini dialokasikan pemerintah pusat. Mungkin nanti ada gajian pusat masuk ke APBD, bisa lewat tambahan dana alokasi umum (DAU) atau yang lainnya, itu pusat yang atur,” kata Purwanto.

Ia berharap rekrutmen guru diangkat menjadi PPPK ini bisa menjadi angin segar bagi guru honor yang ada di Purwakarta. Sehingga tingkat kesejahteraan pendidik bisa lebih meningkat.

”Harapan kami ini segera terealisasi dan kesejahteraan guru lebih meningkat,” ujar dia.

Sementara, salah satu guru honor di Kabupaten Purwakarta, Siti Syarifah menyambut baik dibuka PPPK. Mengingat untuk menjadi PNS dengan mengikuti CPNS cukup sulit apalagi kuotanya terbatas.

”Saya menjadi guru honor dari 2013 dengan upah di bawah Rp1 juta, sudah mengikuti CPNS dua kali namun gagal. Mudahmudahan saya masuk ke PPPK,” kata guru SMP Negeri di Purwakarta itu.

(gan/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds