Ini Sebab Tempat Wisata di Purwakarta Tutup pada Akhir Pekan

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mengambil langkah antisipasi guna mencegah terjadi penyebaran Covid-19, salah satunya menutup objek wisata pada akhir pekan.

Hal itu juga lantaran daerah tersebut berstatus zona merah Covid-19.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Irfan Suryana mengungkapkan, keputusan penutupan ini hasil dari rapat gugus tugas Purwakarta. Namun, penutupan pun hanya dilakukan untuk Sabtu dan Minggu.

“Kenapa ditutup? Ya karena kunjungan wisatawan di akhir pekan itu selalu banyak sehingga membuat penyebaran dan kasus corona ini meningkat,” katanya, Minggu (22/11).

Penutupan objek wisata di akhir pekan pun, lanjut Irfan, sebagai bentuk pembatasan mobilitas warga. Bagi warga yang ingin berlibur, dipersilakan pada hari biasa.

“Kami tak tutup total. Kalau hari biasa Senin sampai Jumat buka kembali. Kasihan kalau sampai tutup total,” katanya.

Sementara sekretaris Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengaku kebijakan ini telah disosialisasikan ke para pengelola objek wisata juga warga. Kata Heri, mulai 9-15 November 2020, Purwakarta memasuki zona resiko tinggi penyebaran alias zona merah.

“Jadi, ini langkah untuk mempersempit ruang gerak penyebaran Covid-19. Kami berlakukan kebijakan ini sampai nanti 6 Desember 2020,” ujarnya.

Tak hanya objek wisata yang terkena imbasnya, Heri pun menyebut restoran atau tempat makan sama diminta mengedepankan protokol kesehatan serta diminta adanya pembatasan jumlah pembeli 50 persen dari luas tempat makan dengan cara bergantian.

“Restoran atau tempat makan jam operasionalnya haru 09.00 WIB – 21.00 WIB, rinciannya pukul 09.00 WIB sampai 19.00 WIB untuk makan di tempat dan 19.00 WIB – 21.00 WIB take away,” katanya, seraya menegaskan seluruh aktivitas yang terkait hiburan malam atau karaoke live musik ditiadakan.

Dirinya berharap, dalam 14 hari ke depan menunjukkan perkembangan yang signifikan.

“Kami terus meminta masyarakat untuk terus menaati peraturan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ingat Pesan Ibu, memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” pungkasnya.

(RK/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds