Disdik Purwakarta Siapkan Pembelajaran Tatap Muka di 3 Kecamatan

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Pembelajaran tatap muka di tiga kecamatan. Khususnya di Kecamatan Tegalwaru, Sukasari, dan Bojong, kini tengah disiapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta.

Ketiga Kecamatan tersebut masuk dalam zona hijau dan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan, ketiga kecamatan itu dipilih berdasarkan pantauan sebaran virus corona dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Kang Ipung itu menyebut, untuk pelaksanaan KBM pada jenjang SLTP dan SLTA bisa bersamaan tergantung sari kesiapan sekolah dalam memenuhi protokol kesehatan.

“Sekolah juga harus mendapat penetapan dari gugus tugas untuk selanjutnya dinyatakan layak melaksanakan KBM,” papar Kang Ipung, Jumat (31/7).

Ia juga mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan sekolah percontohan untuk KBM tatap muka.

“Tahapan awal sekolah mengajukan proposal kesiapan, hanya untuk sekolah di zona hijau. Nantinya dibuat percontohan untuk belajar tatap muka, dasarnya dari pertimbangan Gubernur dan Bupati,” papar dia.

Lebih lanjut Kang Ipung mengatakan, standar kesiapan KBM tatap muka itu meliputi kesiapan sarana dan prasarana yang menunjang untuk penanggulangan Covid-19, Pemetaan warga satuan pendidikan, Kesepakatan antarpihak sekolah dan orang tua murid, pembagian tugas pendidik, dan kurikulum.

“Bupati Purwakarta juga berpesan agar tidak ada kluster penularan baru khususnya untuk kluster sekolah. Jadi persiapannya harus benar benar matang. Untuk tim kesehatan, nanti sekolah berkoordinasi dengan Puskesmas dan Gugus Tugas di desa setempat,” pungkasnya.

(rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds