Dinkes Benarkan WNA China Sakit, Gejalanya Seperti Terkana Virus Corona tapi…..

Pasport Warga Negara Asing (WNA) asal China yang menjadi Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diduga terjangkit virus Corona di Purwakarta.

Pasport Warga Negara Asing (WNA) asal China yang menjadi Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diduga terjangkit virus Corona di Purwakarta.


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Isu dugaan adanya Warga Negara Asing (WNA) asal China yang sakit dibenarkab oleh Zubaedi, selaku Kabid Pencegahan dan Penegendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta.

Gejala yang diderita oleh WNA tersebut memang awalnya seperti orang yang terjangkit virus corona, yaitu mengalami demam, sakit tenggorokan dan batuk-batuk.

Zubaedi kemudian menceritakan kronologi awal. Pasien waktu itu dibawa ke rumah sakit Siloam, saat dilakukan pemeriksaan pihak rumah sakitpun melakukan pengecekan. Karena pasien warga negara asing, kemudian gejalanya seperti terkena virus corona, pihak rumah sakit merujuk ke rumah sakit hasan sadikin bandung.

“Pasien tidak mau di rujuk ke rumah sakit hasan sadikin, padahal memang hasil lab nya diketahui ada penyakit di paru-parunya” kata Zubaedi melalui sambungan seluller.

Akhirnya kami dari pihak Dinas Kesehatan Purwakarta, melakukan konsultasi dengan pihak penanggulangan virus corona jawa barat.

“Dari seluruh hasil rekam medis pasien WNA tersebut, kami sampaikan ke tim penaanggulangan virus corona jawa barat. Kemudian setelah melakukan analisa, bahwa pasien WNA tersebut sakit bukan karena virus corona. Tetapi karena memang pasien memiliki penyakit paru-paru,” tambah Zubaedi.

Kesimpulan itu didapatkan setelah tim menanyakan kepada pasien melalui penerjemahnya, pernahkah pasien bepergian keluar negeri 14 hari ke belakang. Dijawab tidak pernah, sehingga kesimpulannya pasien tidak terjangkit virus corona.

“Kami juga berterimakasih ke Media, sehingga kami bisa lebih cepat mengambil tindakan untuk melakukan pemeriksaan dan investigasi. Kalau tidak ada berita seperti itu, kami juga tidak tau,” beber Zubaedi, memberikan apresiasi kepada media yang telah memberitakan masalah tersebut sehingga langsung cepat ditangani.

Hari ini, kami dari pihak Dinas Kesehatan telah memerintahkan secara langsung kepada kepala puskesmas setempat untuk turun kelapangan memberikan sosialisasi kepada para WNA yang menjadi Tenaga Kerja Asing ke mess nya.

“Kemudian juga dalam waktu dekat kita akan berkomunikasi lintas sektoral, untuk mengetahui kondisi para WNA yang ada di Purwakakarta. Karena yang punya kewenangan dari pihak imigrasi, dinas tenaga kerja dan kepolisian dari situ kita bisa masuk untuk memastikan kondisi kesehatan para WNA yang enjadi TKA,” beber Zubaedi, panjang lebar sambil mengakhiri pembicaraan. (Adw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds