Sembilan Pengidap HIV AIDS di Purwakarta Meninggal Dunia

Ilustrasi HIV/AIDS

Ilustrasi HIV/AIDS


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta merilis jumlah temuan pengidap HIV AIDS yang meninggal di tahun 2019 sebanyak 9 orang. Faktor meninggalnya karena mereka terjangkit tuberkulosis (TB).

Dari data Komisi Penanggulangan HIV AIDS Kabupaten Purwakarta tercatat sebanyak 564 orang kedapati mengidap HIV. Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Meisera Pramayanti mengatakan, faktor penurunan kekebalan tubuh lewat virus HIV menjadi pemicu utama pengidap juga terjangkit tuberkulosis.

”Dalam setahun virus TB bisa menular ke 15 orang, di tahun 2019 pengidap TB ada 1.070. Kami menemukan per tahun ada seribu lebih, namun masih jauh dari target temuan yang harusnya mencapai 2 ribu,” terangnya, Senin (6/1/2020).

Dia juga mengatakan, untuk penyakit lain seperti flu, demam, dan penyakit lainnya yang banyak mendominasi di Puskesmas masih bisa ditangani penularannya.

”Dua penyakit ini (TB dan HIV AIDS) menjadi fokus kita dalam rangka menanggulangi penyebaran penyakit menular,” paparnya.

Diketahui, Human Immunodeficiency Virus (HIV) serta Tuberkulosis yang masuk dalam standar pelayanan minimal sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal.

Ia juga menghimbau, jika mengalami batuk dengan jangka waktu lama, segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat atau dokter dan rumah sakit, karena ditakutkan bukan batuk biasa.

”Kalau anak-anak dilakukan tes khusus TB. Sekarang ada alat pendeteksi TB yang canggih, yakni TCM di Puskesmas Purwakarta dan Rumah Sakit Bayu Asih,” pungkasnya.

(RK/ris/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds