Pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta Meningkat

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Purwakarta mencatat 574 jumlah temuan orang dengan HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta. Data itu akumulasi dari tahun 2013 sampai tahun 2018.

Pengelola Program di Komisi Pengelolaan AIDS Kabupaten Purwakarta Wahyu Yulhaidir mengatakan, temuan paling rendah di tahun 2013 ada 79 kasus, namun di 2018 meningkat hingga 194.

“Kalau tahun sekarang sampai dengan Agustus 2019, ada 94 temuan kasus baru, data tersebut dari Rumah Sakit Bayu Asih. Tahun 2018 Purwakarta menempati posisi ke 11 se-Jawa Barat,” ungkap Wahyu di Kantor KPA, Selasa (03/12/19).

Wahyu mengaku, secara program, pihaknya dinilai berhasil untuk mengidentifikasi kasus baru. Ditambahkannya, rata-rata umur ODHA di Kabupaten Purwakarta berada di usia produktif, antara umur 17 sampai dengan 60 tahun.

“Faktor risiko penularan paling tinggi dari lelaki seks lelaki (LSL) paling banyak didominasi yakni 59 persen, pekerja seks 10 persen, lain-lain 7 persen, pelanggan seks 11 persen, dan pasangan 8 persen,” imbuhnya.

Kader KPA, lanjutnya, mendampingi anak yang terpapar dari orang tuanya dinyatakan positif HIV.

“Ada 5 pasangan, yang dampingan oleh kader,” jelasnya.

Dalam menanggulangi HIV/AIDS, pihaknya juga menerapkan program penanggulangan prioritas cakupan pelayanan komprehensif diantaranya dengan perluasan jumlah dan kualitas layanan, tenaga kesehatan terlatih, konselor dan penjangkau.

“Yang paling penting ialah konsep perubahan perilaku, melalui pendekatan agama dan pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS bagi masyarakat,” paparnya.

Loading...

loading...

Feeds