Kuota CPNS Purwakarta Tahun Ini 169, Daftarnya Disini Nih.

MENGAKSES: Warga mengakses website sscn.bkn.go.id yang merupakan situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk informasi CPNS di Bandung, Rabu (9/1/19). RIANA SETIAWAN/ RADAR BANDUNG

MENGAKSES: Warga mengakses website sscn.bkn.go.id yang merupakan situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk informasi CPNS di Bandung, Rabu (9/1/19). RIANA SETIAWAN/ RADAR BANDUNG

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Putra putri terbaik purwakarta yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tahun ini ada seratus lebih kuota CPNS yang didominasi untuk mengisi tenaga pengajar atau guru.

Menurut Asep Supriatna, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) kuota CPNS tahun ini untuk purwakarta jumlahnya 169 orang.

“164 untuk tenaga pengajar atau guru, 3 orang dokter umum dan 2 orang untuk dokter hewan,” ujar Asep, saat dihubungi via seluller.

Kuota untuk para pendidik memang lumayan besar, karena purwakarta masih kekurangan tenaga pengajar yang pns. Karena masih ada beberapa sekolah di purwakarta yang kepala sekolahnya sampai harus mengajar, akibat kurangnya guru disekolah tersebut.

“Bagi masyarakat yang berminat ingin mengikuti cpns, tinggal melakukan pendaftaran melalui internet,” tambah Asep, menjelaskan masalah pendaftaran cpns secara online.

Pendaftaran CPNS 2019 online dibuka pada bulan November nanti. untuk purwakarta formasi jabatan hanya tenaga pendidikan dan kesehatan.

“Mulai pembukaan cpns tanggal 11 November,” tutup Asep.

Terpisah, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, pendaftaran daring atau online akan dilakukan mulai November 2019.

“Pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019 mendatang,” ujar Ridwan.

Ridwan menegaskan, satu orang pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi.

Ia menjelaskan, sejumlah dokumen wajib disiapkan peserta. Data data ini akan diunggah ke portal SSCASN.

Dokumen tersebut antara lain scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, transkrip nilai asli dan beberapa dokumen pendukung lain yang disyaratkan oleh instansi.

Ridwan menambahkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 dapat melakukan pengumuman resmi di situs web dan media sosial masing-masing.

Ketika pendaftaran online dibuka, masyarakat dapat terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang ada dalam portal SSCASN.

“Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mempelajari informasi yang tertuang pada kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar,” ujar dia seperti dikutip dari kompascom.

Apabila FAQ tidak dapat memberikan jawaban atas persoalan pendaftaran, BKN menyediakan kanal helpdesk daring dalam portal yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan.

Ridwan menambahkan, mulai 11 November 2019, BKN juga membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur.

Layanan ini juga bisa didapat di Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

Sebagai tambahan informasi, pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi di tahun ini, karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia.

Pada rekrutmen tahun ini, pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang berkontribusi memberikan perubahan.

Terdapat dua dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Pemerintah akan membuka 197.111 formasi dengan rincian, instansi pusat sebanyak 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan instansi daerah 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah. (Adw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds