Operasi Zebra Lodaya 2019 Akan Digelar

Pengendara sepeda motor saat diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

Pengendara sepeda motor saat diperiksa kelengkapan surat-suratnya.


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Operasi Zebra Lodaya 2019 tidak lama lagi akan dimulai. Untuk itu, bagi para pengendara segera lah lengkapi surat-surat kendaraan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adi Pratama mengatakan, Operasi Zebra Lodaya 2019 akan berlangsung selama 14 hari mulai dari 23 Oktober sampai 5 November 2019 mendatang.

Selama operasi tersebut, ada sembilan sasaran prioritas. yaitu pengendara tidak menggunakan helm, pengemudi roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara melebihi kecepatan batas maksimal, melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol atau narkoba.

Menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, kendaraan roda empat menggunakan lampu rotator atau sirine dan kendaraan menggunakan knalpot bising.

“Operasi Zebra Lodaya 2019 akan dilaksanakan di sejumlah titik mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019,” ungkapnya, Minggu (20/10/19).

Ada pun tujuan dari operasi adalah untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Operasi juga dilakukan meningkatkan kepatuhan dan ketaan berlalu lintas dalam meminimalisasi pelanggaran serta menekan angka kecelakaan.

Cipta kondisi pascapelantikan presiden dan wakil presiden dan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 juga menjadi tujuan utama operasi zebra ini digelar.
Kasat menambahkan, sebelum operasi dimulai, pihaknya telah memeriksa kelengkapan personel yang nantinya bertugas di lapangan.

Pengecekan kelengkapan adalah sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian kinerja, agar diketahui kesiapan anggota di lapangan, sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Pengecekan kelengkapan kemarin sudah kita lakukan, dan apa yang diperlukan lengkap semua,” katanya.

Selain itu, dia berharap, melalui Operasi Zebra Lodaya 2019 dapat memicu kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Keselamatan paling utama, jadi patuhi peraturan yang ada,” pungkasnya.

(RK/gan/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds