Luas Kebakaran Lahan di Purwakarta Bertambah

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Musim kemarau panjang yang terjadi mengakibatkan sejumlah wilayah di Purwakarta mengalami krisis air. Tak hanya kekeringan, kebakaran lahan di Kabupaten Purwakarta pun semakin meluas.

Teranyar, lahan seluas 10 hektare di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta kembali kebakaran. Insiden terjadi sekira pukul 11.30 Wibb Kamis (3/10) itu diduga akibat human error (kesalahan manusia) membuat lahan dipenuhi ilalang dan rerumputan liar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, setelah menerima laporan tim bergerak ke TKP untuk memadamkan api agar objek lain bisa diselamatkan.

“Yang berhasil diselamatkan pemukiman warga, namun pohon bambu sudah dipanen milik pemilik lahan terbakar,” ujar Wibi.

Anggota Regu 2 DPKPB Purwakarta menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran (mobil pancar) KR 04 dan 05 untuk menangani kebakaran tersebut.

Penangangan dinyatakan selesai dua jam kemudian mengingat area lahan dipenuhi objek mudah terbakar dengan kondisi kering, sehingga api mudah merembet berbagai sudut.

“Petugas melakukan pemadaman, pendinginan dan pengecekan dan penanganan dinyatakan selesai pukul 13:45 WIB,” katanya.

Sebelumnya, DPKPB Kabupaten Purwakarta mencatat jumlah kebakaran terjadi di wilayah ini sebanyak 239 kasus, 150 di antaranya yaitu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

(RK/gan/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds